Adegan Kekerasan Tak Ditampilkan
Posted in: Pendidikan

Adegan Kekerasan Tak Ditampilkan

Adegan Kekerasan Tak Ditampilkan

Adegan Kekerasan Tak Ditampilkan
Adegan Kekerasan Tak Ditampilkan

SDN Jatiasih IV Kota Bekasi mengajak siswanya nonton bareng

(nobar) film G30S/PKI. Nobar dalam rangka peringati hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober ini sebagai pembelajaran tentang sejarah.

Sebanyak 480 siswa kelas 1-6 mengikuti nobar dengan menggunakan layar proyektor yang berlangsung di ruang kelas, Sabtu (5/10). Nobar terbagi menjadi dua sesi.

Pada sesi pertama dimulai pukul 08.00-10.00 WIB diikuti siswa kelas 1,5, dan 6. Sementara sesi kedua pukul 10.00-12.00 WIB diikuti kelas 2,3, dan 4.

Siswa tampak antusias menyaksikan film sejarah mengenai pengkhianatan yang pernah

dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) terhadap bangsa Indonesia. Setiap adegan kekerasan pada film tersebut tak ditampilkan.

 ”Dalam nobar film kali ini seluruh siswa ikut terlibat karena beberapa adegan berbahaya atau adegan yang memiliki unsur kekerasakan kami potong (tak tampilkan) sehingga aman jika dilihat oleh seluruh siswa. Dalam nobar film, siswa didampingi oleh guru,” ujar salah satu koordinator kesiswaan sekaligus guru SDN Jatiasih IV Kota Bekasi, Surya kepada Radar Bekasi.

Surya mengungkapkan, film ini memiliki pesan sejarah Tanah Air yang dapat dijadikan pembelajaran oleh peserta didik. Menurutnya, suatu pembelajaran tak hanya diberikan di dalam kelas. Tetapi juga bisa melalui pemutaran film.

”Suatu pembelajaran itu bisa didapatkan dari mana saja salah satunya dengan cara nobar film

mengenai sejarah Indonesia pada zaman dahulu. Siswa juga akan lebih fresh dan senang karena dilaksanakan bersama,” katanya.

Melalui kegiatan yang telah dihelat kedua kalinya ini, pihak sekolah berharap siswa dapat memahami sejarah dalam film tersebut. Selain itu menjadikan siswa semakin mencintai bangsa Indonesia terutama Pancasila sebagai dasar negara.

”Nobar ini dipandu oleh guru, kemudian dijelaskan kembali setelah film selesai diputarkan. Mak

 

Sumber :

https://ruangseni.com/