Bagian kopling Mobil dan fungsinya

Kopling adalah salah satu komponen yang ditemukan dalam mobil manual yang berayun di antara mesin dan transmisi.

Itu terlihat sepele, tetapi Anda perlu tahu komponen yang terlibat dalam kopling dan fungsinya. Bahkan jika Anda memiliki masalah yang tidak terduga dengan kopling, Anda dapat menyelesaikannya suatu hari nanti. Sebelum mengetahui komponen dan fungsi kopling, mari kita lihat kondisi yang harus dimiliki kopling. Kondisi yang perlu dimiliki oleh kopling adalah:

  1. Kecepatan engine dapat dihubungkan ke transmisi
  2. Output mesin dapat ditransfer ke transmisiAn
  3. da dapat mematikan mesin saat mengemudi

Bagian kopling Mobil dan fungsinya

Berikut ini menjelaskan komponen dan fungsi sistem mobil kopling hidrolik atau kopling oli kopling. hati-hati.

Pedal kopling

Pedal kopling ada di sisi kiri dan menggunakan kaki kiri untuk masuk secara bertahap.

Setel jarak kopling dengan roda gila atau roda gila
Untuk melanjutkan atau melepaskan mesin dari sistem drive

Selain itu, pedal kopling juga memberikan perhatian khusus agar mobil Anda dapat bekerja secara optimal.

Selain perawatan, pedal kopling juga perlu dibersihkan untuk menggerakkan mobil agar merasa aman dan nyaman.

(Baca juga: cara mengatasi pedal kopling berat)

Master kopling atas

Master Coupling Fungsi master clutch di atas adalah:

Karena tekanan diterapkan secara perlahan dari pedal kopling ke kopling master bawah, kopling master memiliki segel karet yang mencegah kebocoran oli kopling dan menjaga oli kopling tetap berada di dalam.

Jika oli kopling bocor, suhu mesin akan naik, dan oli kopling akan berkurang, sehingga mempersulit roda gigi untuk bergerak.

Anda dapat mengganti komponen ini jika ada masalah dengan fungsionalitas komponen, tetapi Anda juga perlu memperhatikan komponen ini.
Sponsor tautan

Master kopling ke bawah

Selain kopling master kopling atas, yang menurunkan kopling master, master kait kerja rendah memiliki fungsi yang sama.

Terus bekerja sebagai master kopling atas
Setelah kopling master bawah menerima tekanan dari kopling master atas, kopling maju ke garpu pelepas atau garpu kopling, dan roda gila melepaskan pelat kopling dari kopling matahari.

Apa yang terjadi jika master kopling bawah rusak? Apa yang terjadi kemudian adalah bahwa mobil tidak akan dapat masuk ke gigi, dan harus menunggu mesin untuk dingin adalah bahwa ia akan dapat melakukan fungsinya lagi.

(Baca juga: Penyebab mobil berosilasi)

Lepaskan garpu atau garpu kopling

Garpu kopling

Fungsi Garpu Kopling:

Perangkat yang merupakan pelepas bantalan dan pelepas konektor kopling yang bergerak maju mundur.
Dan itu akan mendorong kopling penutup dan melepaskan putaran mesin ketika pengemudi menekan pedal kopling.

Penggunaan garpu kopling yang terus menerus menyebabkan keausan dan mempengaruhi injakan kopling.

Jika garpu kopling rusak, garpu kopling tidak dapat mendorong bantalan pelepas dari roda gila. Karena perbaikan kopling garpu yang rusak diperlukan untuk penggantian bantalan pelepas.

5. Kopling rilis bantalan

Lepaskan bantalan kopling

Kopling pelepas adalah bantalan tertutup yang mengandung jenis pelumas permanen yang artinya tidak dapat dibuka atau dibersihkan sehingga tidak dapat dilumasi atau dibongkar.

Fitur dari kopling bantalan rilis itu sendiri adalah:

Bahkan jika pengemudi menginjak kopling, dorongan dari kopling garpu ke pegas diafragma terus berlanjut.
Cara kerja pelepas rilis tidak hanya mendorong tetapi juga memutar.

Karena itu diperlukan bahan khusus untuk membuatnya agar tidak cepat terluka. Jika bantalan lepas rusak, pengemudi merasa bahwa pedal kopling bergetar ketika pedal kopling ditekan.

Pergerakan bantalan pelepas keras dapat merusak diagram dan menyebabkan keausan. Oleh karena itu, perlu untuk memeriksa secara teratur untuk menghindari keausan pada bantalan rilis.

Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/rental-mobil-lampung/