Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

sakit gigi

Berbagai cara yang bisa dilakukan sebagai obat sakit gigi paling efektif

Jika sakit gigi terjadi karena gigi berlubang, solusi terbaik adalah segera mencari perawatan dengan dokter gigi Anda. Tetapi ada beberapa cara untuk mengobati sakit gigi sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter. Berikut ini adalah solusi alami untuk sakit gigi yang perlu Anda ketahui.

1. Berkumurlah dengan air garam

Dokter gigi umumnya tidak bisa melakukan perawatan ketika gigi mereka masih mengalami masalah. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan sekarang adalah menggunakan obat sakit gigi sampai akhirnya gigi Anda tidak dapat diobati oleh dokter. Nah, cobalah berkumur dengan air garam sampai Anda merasa sedikit lebih baik sakitnya. Saline berkumur adalah cara untuk mengobati sakit gigi yang harus Anda coba di rumah. Bahkan, beberapa orang berpikir air asin adalah obat sakit gigi yang paling efektif untuk menghilangkan rasa sakit.
Sebagai obat karies, Anda dapat melarutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air (240 ml) dan bilas selama beberapa saat. Sebelum berkumur, Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk membuang sisa makanan yang menempel di sekitar area gigi yang terkena.

2. Kunyah bawang merah mentah

Bawang merah adalah obat sakit gigi alami. Karena bawang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat mengontrol rasa sakit dengan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang adalah mengunyahnya. Ya, kunyah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut dengan gigi yang sempit. Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang, masukkan irisan bawang mentah langsung pada gigi yang terkena.

Selain bawang merah mentah, Anda juga bisa menjadikan bawang putih sebagai obat alternatif untuk gigi berlubang lainnya. Ketika robek dari gigi, bawang putih melepaskan allicin, zat berminyak alami yang bertindak sebagai agen yang melawan penyakit. Ini bisa mengurangi rasa sakit ke gigi Anda.

3. Kompres es batu

Cara mengobati sakit gigi dengan es batu dapat dilakukan dengan menempatkan es batu dalam plastik kecil, lalu bungkus dengan kain tipis dan tempelkan langsung pada gigi yang sakit selama 15 menit untuk melepaskan saraf gigi. Atau, Anda bisa menaruh kantong es di pipi, di area gigi yang terkena dampak sebagai cara untuk meredakan sakit gigi.
Ada trik menarik lainnya yang dapat Anda coba jika Anda ingin menggunakan es batu sebagai obat untuk karies. Pijat punggung tangan dengan es batu. Saraf jari-jari akan mengirimkan sinyal “dingin” yang bisa menimpa sinyal rasa sakit dari gigi.
(Catatan: pijat tangan Anda pada sisi yang sama dengan gigi yang teriritasi dan berikan tekanan di area antara ibu jari dan jari telunjuk Anda).

4. Cuka

Cara lain untuk mengobati sakit gigi adalah dengan menggunakan cuka masak atau cuka sari apel. Karena kedua jenis cuka mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang efektif untuk menghilangkan sakit gigi.
Jika Anda ingin menggunakan cuka sebagai obat rongga, Anda dapat membilas mulut Anda dengan larutan cuka di area gigi yang terkena sekitar 30 detik. Selanjutnya, buang segera. Jika Anda tidak kuat dengan cuka cuka rasa, Anda dapat menambahkan cuka ke kapas dan meletakkan kapas pada gigi yang terkena. Setelah itu, gosok gigi seperti biasa dengan pasta gigi yang sensitif.

5. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang telah lama digunakan sebagai obat sakit gigi yang paling efektif. Minyak ini mungkin dapat membantu untuk “mematikan saraf” karena senyawa kimia utama yang terkandung dalam rempah-rempah ini adalah eugenol, yang bertindak sebagai anestesi alami.
Tapi, hati-hati menggunakan minyak cengkeh sebagai obat untuk karies. Secara tidak sengaja menuangkan minyak cengkeh ke dalam mulut, rasa sakit bisa bertambah buruk jika minyak menetes di lidah sensitif atau pada gusi.
Jadi, perhatikan cara-cara berikut untuk mengobati sakit gigi dengan minyak cengkeh. Tuangkan dua tetes minyak cengkeh ke bola kapas dan letakkan di gigi yang terkena sampai rasa sakit hilang. Anda juga dapat menggunakan bubuk cengkeh utuh atau cengkeh dan merekatkannya pada gigi yang sakit sebagai alternatif untuk gigi berlubang.

6. Daun jambu biji

Daun jambu biji merah dapat meredakan sakit gigi karena sifat anti-inflamasi, analgesik dan antimikroba yang terkandung di dalamnya. Cara mengobati sakit gigi ini adalah dengan mengunyah satu atau dua daun jambu biji hingga keluar ekstraknya. Kemudian, dengan lidah mencapai gigi yang sakit dan menerapkan ekstrak daun jambu biji.

Baca Juga: