CARA KERJA JANGKA SORONG
Posted in: Pendidikan

CARA KERJA JANGKA SORONG

CARA KERJA JANGKA SORONG

CARA KERJA JANGKA SORONG

Pertama-tama tahan lah benda

yang akan di ukur pada suatu sisi, setelah menempel secara baik anatar ujung tersebut maka geserkan pengunci geser yang bertujuan agar benda tersebut tidak Prinsip Kerja

Pertama-tama tahan lah benda yang akan di ukur pada suatu sisi, setelah menempel secara baik anatar ujung tersebut maka geserkan pengunci geser yang bertujuan agar benda tersebut tidak bergerak-gerak saat akan diukur.

Setelah terkunci dengan baik pengguna jangka sorong sudah mulai bisa melihat angka yang tertera dalam jangka sorong dengan baik, biasanya akan di lihat pada garis yang paling atas angka mana yang sejajar dengan angka nol di bawahnya.

Setelah itu lihatlah ukur di bawahnya apakah sudah ada angka setelah nol yang sejajar dengan garis di atasnya. Setelah dua garis indeks tersebut secara tepat sesuai dengan instruksi diatas maka pengguna jangka sorong dapat melihat secara tepat diameter benda tersebut.

Dalam jangka sorong kita akan melihat dua garis bagian atas dan bagian bawah, dimana bagian atas akan menunjukkan cetimeter dan bagian bawah akan menunjukkan milimeter. Pertama-tama kita harus melihat bagian atas dari garis ukur tersebut, lihat angka di bagian atas mana yang tepat sejajar dengan garis nol di bawahnya.

Setelah melihat skala garis atasnya, barulah kita melihat garis ukuran bagian bawahnya, mana garis yang sejajar dengan garis di bagian atas yang mendekati angka nol.

Setelah melakukan hal di atas maka kita bisa menulis hasil dari pengukuran diameter suatu benda tersebut. Lakukan hal yang sama apabila kita ingin mengukur bagian luar suatu diamter benda. Akan tetapi akan sangat berbeda dengan mengukur bagian suatu benda, karena perbedaan skala garis dari pengukuran kedalaman suatu benda.


Sumber: https://periskop.co.id/sniper-war-apk/