CARA MENGAJAR ANAK TK MEMBACA

BEGINI 5 CARA MENGAJAR ANAK TK MEMBACA YANG EFEKTIF

Memasuki umur sekolah, seorang anak dituntut untuk dapat menguasai sejumlah keterampilan, salah satunya membaca. Ketika anak Anda telah bersekolah di taman kanak-kanak, belajar menyimak menjadi urusan yang kesatu diajarkan. Cara melatih anak TK menyimak harus memakai metode yang semenarik barangkali supaya si kecil tidak merasa jenuh.

Nah, untuk Anda yang mempunyai buah hati yang bersekolah di TK, tetapi mengalami kendala membaca, ada sejumlah tips yang dapat dipraktikkan. Cara melatih anak TK menyimak ternyata tidak semudah yang dikira. Butuh kesabaran supaya si kecil belajar dengan lebih semangat. Di samping itu, Anda mesti membuat suasana yang nyaman supaya anak tidak cepat bosan.

Kenalkan huruf
Cara melatih anak TK menyimak yang kesatu ialah dengan memperkenalkan huruf dari A hingga Z. Buatlah si kecil mengerti format huruf dan pastikan pelafalannya benar. Tidak butuh buru-buru memperkenalkan semua huruf pada si kecil, sedikit-sedikit saja. Sesekali kerjakan tes pada si kecil dengan menunjuk sejumlah huruf secara bergantian. Ingat, cari masa-masa yang pas ketika Anda hendak mengajarkan buah hati membaca.

Menghafal suku kata
Jika si kecil telah mengenal huruf secara keseluruhan, tahapan teknik mengajar anak TK menyimak selanjutnya ialah dengan menghafal suku kata. Ajarkan anak suku kata dari konsonan B sampai Z dan vokal a, i, u, e, o. Misalnya, laksana ba, bi, bu, ta, ti, tu, dan lain-lain. Walaupun masih dalam langkah menghafal, tetapi paling tidak si kecil sudah merasakan perkembangan yang lumayan baik yang bakal memudahkannya saat menyimak kata secara utuh.

Membaca suku kata bervariasi
Tahap selanjutnya yang mesti kita ajarkan pada sang anak ialah membaca suku kata bervariasi. Misalnya laksana bu-ku, pa-pa, ma-ma, bo-la, dan beda sebagainya. Jangan dulu melibatkan suku kata yang berakhiran konsonan mati, latih dulu si kecil dengan variasi suku kata yang simpel sampai lancar. Latihan ini membutuhkan tambahan kesabaran karena sejumlah anak barangkali akan merasa bosan jika terlampau dipaksakan.

Membaca huruf konsonan mati
Ketika si kecil sudah fasih membaca variasi suku kata, maka teknik mengajar anak TK menyimak setelahnya ialah dengan mengenalkan huruf konsonan mati. Beberapa jenis huruf konsonan yang biasa dipakai dalam kata misalnya ialah “ng” dan “ny”. Mungkin tadinya si kecil akan merasakan kesulitan. Namun bila diajar terus menerus, kemampuannya bakal terus berkembang. kita jangan melulu mengandalkan pembelajaran di sekolah sebab tidak seluruh anak dapat menerima latihan dengan mudah. Dengan pelajaran membaca di lokasi tinggal dan ditemani oleh orang tua, si kecil dapat belajar lebih nyaman dan mudah.

Membaca kata utuh
Si kecil awalnya akan mengeja sejumlah huruf sampai menjadi kata yang utuh. Cara melatih anak TK menyimak pada langkah ini mesti Anda simaklah dengan benar supaya tidak terjadi kesalahan. Mengeja merupakan teknik alami yang dilaksanakan anak supaya ia dapat membaca kata dengan benar. Setelah si kecil dapat membaca kata dengan lancar, selanjutnya ajarkan dia untuk menyimak kalimat yang tidak terlampau panjang.

Kelima teknik mengajar anak TK menyimak yang dilafalkan diatas, dapat Anda praktikkan sembari menyuruh bermain di rumah. Ingat, mood anak paling cepat berubah. Jangan paksa dia guna belajar sebab hasilnya tidak bakal maksimal. Jika perlu pakai metode belajar yang mengasyikkan sesuai dengan jati diri si anak. Ada tidak sedikit model perlengkapan belajar menyimak yang dapat Anda gunakan supaya anak tidak jenuh dan semakin semangat ketika belajar membaca. Sumber : pelajaran.co.id