Contoh Batuan Beku
Posted in: Pendidikan

Contoh Batuan Beku

Contoh Batuan Beku

Contoh Batuan Beku

A. Asam

Batuan beku Asam : terbentuk dari pembekuan magma secara ekstrusif atau hasil pembekuan di daerah permukaan dimana proses pembekuan berada di daerah vulkanik (di permukaan bumi ).


Proses pembekuan sangat cepat dengan temperature yang tinggi sehingga umumnya butiran pada batuan beku basa lebih halus dan berwarna terang (felsik) dengan indeks color <20%. Batuan beku asam  memiliki kandungan silica >65%.

B. Basa

Batuan beku basa : terbentuk langsung dari pembekuan magma dimana proses pembekuan berada di daerah plutonik (di bawah permukaan bumi ) proses pembekuan sangat lambat dengan temperature yang rendah sehingga umumnya butiran pada batuan beku basa lebih kasar.


Jarang memperlihatkan struktur visikular ( lubang-lubang gas) dan berwarna gelap (mafik). Batuan beku basa memiliki kandungan silica 45-52%.

C. Intermediet

Batuan beku Intermediet : terbentuk hasil intrusi dangkal dari pembekuan magma dimana proses pembekuan berada di daerah hipabisal (daerah pertengahan antara daerah plutonik dengan permukaan).


Proses pembekuan sedang dengan temperature yang rendah sehingga umumnya butiran pada batuan beku intermediet kasar.

jarang memperlihatkan struktur visikular ( lubang-lubang gas) dan berwarna gelap (mafik) dengan indeks color <40%. Batuan beku basa memiliki kandungan silica 52%<SiO2<62%.


Sumber:

https://haciati.co/war-commander-apk/