CONTOH INTEGRITAS NASIONAL
Posted in: Pendidikan

CONTOH INTEGRITAS NASIONAL

CONTOH INTEGRITAS NASIONAL

CONTOH INTEGRITAS NASIONAL

Keluarga merupakan lingkungan pertama yang akan mendidik watak dan pola pikir generasi muda. Beberapa contoh dari integritas nasional dalam lingkup keluarga.

1. SALING MENOLONG TERHADAP ANGGOTA KELUARGA

Kebudayaan saling menolong dalam anggota keluarga mencerminkan adanya sifat empati. Sifat ini akan berdampak juga pada saat sang anak sudah besar dan banyak berinteraksi dengan masyarakat. Budaya saling menolong ini menunjukkan juga adanya rasa saling menyayangi antara anggota keluarga.

Sikap saling menolong ini tidak membutuhkan alasan apapun dan hanya berdasarkan asas kemanusiaan. Dengan membudayakan saling menolong sejak dini, anak akan memiliki rasa keinginan untuk menolong yang kuat.

2. SALING MENGHARGAI DAN MENGHORMATI PENDAPAT

Setiap anggota keluarga pasti memiliki prinsip yang berbeda-beda. Bahkan, dalam berpendapat seringkali akan terdapat perbedaan. Setiap prinsip dan pendapat perlu untuk dihargai dan dihormati selama masih dalam konteks yang baik.

3. PATUH PADA ORANG TUA

Setiap agama selalu mengajarkan untuk pada patuh kepada orang tua. Patuh kepada orangtua bukan berarti sang anak tidak boleh sama sekali memiliiki pendapatnya sendiri atau tidak teguh pendirian. Tetap saja sang anak dapat memiliki pendapat sendiri dan diperbolehkan untuk dapat menentukan keputusan sendiri selama itu masih dalam lingkup yang baik.

Maka dari itu, patuh pada orang tua merupakan salah satu bagian dari integritas nasional dalam lingkup yang kecil. Membangun karakter dalam hal yang terkecil ini adalah hal yang sangat penting. Hal itu disebabkan oleh tindakan dan hal yang besar selalu dimulai dari hal yang kecil. Pembentukan karakter untuk patuh kepada orang tua sangat penting hari ini.

4. RAJIN BERIBADAH

Kebiasaan untuk dapat rajin beribadah juga mulai dibentuk sejak sang anak masih kecil. Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing perlu untuk dibentuk sejak dini. Ajarkanlah kepada anak bahwa manusia hidup itu harus selalu bertindak yang baik dan harus selalu patuh kepada perintah Tuhan.

Misalkan jika ada keluarga beragama Islam, maka ajarkan kepada sang anak mengenai pentingnya solat lima waktu dan juga mengaji. Pembelajaran mengenai rajin beribadah ini juga merupakan hal yang penting, karena kelak saat sang anak sudah besar, dia akan menyadari bahwa tindakan memecah-belah persatuan bukan tindakan baik.

Dengan rajin beribadah, manusia akan menyadari bahwa tindakan mengejek dan tidak dapat toleransi terhadap orang-orang yang berbeda agama merupakan hal yang tidak baik. Pembelajaran mengenai hal yang paling mendasar seperti ini, hanya akan didapatkan pertama kali dalam lingkup keluarga.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/beyond-oasis-classic-apk/