DAMPAK NEGATIF KONFLIK SOSIAL
Posted in: Pendidikan

DAMPAK NEGATIF KONFLIK SOSIAL

DAMPAK NEGATIF KONFLIK SOSIAL

DAMPAK NEGATIF KONFLIK SOSIAL

Pasti ada dampak negatif di suatu konflik yang terjadi di kehidupan kita, dimana kita harus membuat dampak negatif tersebut sebagai pembelajaran kita ke depannya serta cara meminimalisir dampak negatif yang terjadi karena konflik sosial dari suatu individu maupun kelompok di masyarakat. Berikut dampak negatif yang terjadi karena konflik sosial.

1. PERTENTANGAN KONFLIK

Terjadinya pikiran buruk dari pihak satu terhadap pihak yang berlawanan karena sudah terjadi pertentangan dan saling menimbulkan konflik satu sama lain. Pandangan buruk timbul karena perbedaan pendapat atau tidak sependapat sehingga menimbulkan pemikiran buruk bagi pihak yang berlawanan.

2. PERPECAHAN ANTAR INDIVIDU

Dampak negatif yang terjadi karena konflik sosial dapat menimbulkan perpecahan antar individu maupun kelompok di suatu daerah serta akan menimbulkan dampak buruk terjadi nya permusuhan satu sama lain karena berusaha untuk saling  menjatuhkan lawan yang memiliki perbedaan pendapat.

3. DISKRIMINASI

Pada saat terjadi konflik antar suatu kelompok dengan kelompok lain akan terjadi diskriminasi terhadap satu sama lain atau bahkan individu yang tidak ikut dalam konflik akan menanggung akibatnya juga. Hal ini sangat bahaya karena dapat saling menyakiti antar individu atau kelompok apabila dipenuhi emosi yang tidak terkontrol.

4. MUNCULNYA PERMASALAHAN BARU

Konflik sosial terjadi pertentangan antar individu atau kelompok menimbulkan mendominasi nya kelompok yang menang dari suatu permasalahan sosial dan kelompok yang kalah akan terjatuhkan sehingga perpecahan di suatu wilayah akan terjadi dan pasti sangat berdampak buruk untuk ke depannya.

5. PERUBAHAN KARAKTER

Konflik sosial akan menimbulkan perubahan karakter dalam individu maupun kelompok yang sedang terjangkit dalam konflik sosial tersebut. Perubahan karakter yang terjadi dapat merubah ke karakter positif maupun negatif tergantung dalam konflik yang di hadapi oleh suatu individu atau kelompok tersebut.


Baca Juga :