Difusi: Pengertian, Proses dan Contoh Difusi

Difusi: Pengertian, Proses dan Contoh Difusi

Difusi merupakan perihal atau peristiwa berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Perbedaan konsentrasi yang tersedia pada dua larutan dinamakan gradien konsentrasi. Difusi akan tetap berjalan sampai semua partikel tersebar luas secara merata atau mencapai kondisi kesetimbangan di mana pindahan molekul tetap berjalan kendati tidak tersedia perbedaan konsentrasi. Contoh yang sederhana adalah perlindungan gula pada cairan teh tawar. Lambat laun cairan jadi manis. Contoh lain adalah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara. Difusi yang paling sering berjalan adalah difusi molekuler. Difusi ini berjalan jikalau terbentuk pindahan dari sebuah susunan (layer) molekul yang diam dari solid atau fluida.

Ada lebih dari satu segi yang pengaruhi kecepatan difusi, yaitu:

Ukuran partikel. Semakin kecil ukuran partikel, makin lama cepat partikel itu akan bergerak, agar kecepatan difusi makin lama tinggi.
Ketebalan membran. Semakin tebal membran, makin lama lambat kecepatan difusi.
Luas suatu area. Semakin besar luas area, makin lama cepat kecepatan difusinya.
Jarak. Semakin besar jarak antara dua konsentrasi, makin lama lambat kecepatan difusinya.
Suhu. Semakin tinggi suhu, partikel meraih kekuatan untuk bergerak bersama dengan lebih cepat. Maka, makin lama cepat pula kecepatan difusinya

Proses difusi
Proses difusi berjalan ketika terdapatnya pergerakan atau pindahan partikel suatu zat baik itu zat padat, cair maupun gas dari suatu daerah yang berkonsentrasi tinggi ke yang berkonsentrasi rendah yang mana pastinya melalui suatu membra. Proses itu sendiri mampu disebut sebagai proses transportasi yang pastinya tidak akan perlu kekuatan serupa sekali maka dari itu disebut terhitung transportasi pasif. Mengapa mampu demikian? Tentu saja perihal selanjutnya disebabkan oleh kebolehan dorong yang berasal dari kekuatan yang bersumber dari gerak acak partikel yang berdifusi. Adapun syarat suatu partikel mampu melalui membrane yaitu bersama dengan partikel selanjutnya merupakan partikel bersama dengan bentuk yang kecil, sederhana serta mampu larut dalam air ataupun lemak.

Contoh Difusi
Proses difusi itu sendiri jikalau diteliti lewat teori bisa saja akan jauh lebih membinggungkan tapi untuk perumpamaan difusi Anda mampu langsung simak ketika memberikan gula pada cairan teh, di mana lambat laun cairan teh akan jadi manis akibat gula yang melebur jadi 1 bersama dengan air the itu sendiri.

Sumber : https://www.ruangguru.co.id/download-contoh-surat-penawaran-harga-yang-benar/