Dokter Cilik di SDN Jatiasih X Kota Bekasi

Dokter Cilik di SDN Jatiasih X Kota Bekasi

Dokter Cilik di SDN Jatiasih X Kota Bekasi

Dokter Cilik di SDN Jatiasih X Kota Bekasi
Dokter Cilik di SDN Jatiasih X Kota Bekasi

SDN Jatiasih X Kota Bekasi menerapkan program dokter kecil bagi siswanya.

Program ini mengajarkan siswa peduli dengan kesehatan serta melatih penanganan emergency di lingkungan sekolah.

Pelajar yang menjadi dokter cilik di sekolah ini berasal dari siswa kelas 3,4, dan 5. Enam orang siswa, terdiri dari tiga orang laki-laki dan enam perempuan ditunjuk dari masing-masing kelas untuk menjadi tenaga medis tersebut.

Setiap dua minggu sekali, tepatnya Jumat para dokter cilik mendapatkan materi dan praktik penanganan emergency (keadaan darurat) dari guru. Mereka tampak antusias menjadi dokter, terlihat dari keaktifan siswa dalam menangani luka kecil terjadi terhadap temannya.

Guru Penanggung Jawab Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SDN Jatiasih X Kota Bekasi

sekaligus Pembina Dokter Cilik Banayaningsih mengatakan, program ini diawali sejak delapan tahun lalu. Kendati demikian baru di jalankan aktif oleh sekolah dengan 670 siswa ini baru beberapa tahun belakangan.

”Tapi baru berjalan aktif tiga tahun belakangan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (24/9).

Ia mengakui, antuasis pelajar dalam menjalankan program ini cukup besar. Hal itu terlihat dari kesadaran mereka membantu temannya yang membutuhkan pertolongan medis.

”Aktif sekali, jadi ada aja yang datang untuk meminta kunci UKS

karena mengantarkan temannya yang sedang sakit, kemudian jika ada temannya yang terluka mereka lebih cepat mengambil tindakan untuk mengobati,” katanya.

”Program ini mengajarkan siswa peduli dengan kesehatan serta melatih mereka menangani emergency di lingkungan sekolah,” pungkasnya.

Salah satu dokter cilik SDN Jatiasih X Kota Bekasi Aisyah Azela Sholeha mengaku sangat senang dan antusias bisa menjadi salah satu anggota dokter kecil di sekolahnya.

Dengan mengikuti program ini, dia bisa membantu temannya yang sedang sakit dan mengalami cedera ringan. Aisyah menjadi dokter cilik sudah tahun.

 

Baca Juga :