Etika Menulis Di Internet

Etika Menulis Di Internet

Etika Menulis Di Internet

Etika Menulis Di Internet
Etika Menulis Di Internet

Etika Menulis Di Internet

Perkembangan teknologi informasi khususnya di bidang informasi komputer semakin pesat. Hal ini didorong oleh keinginan manusia yang ingin selalu mendapatkan informasi secara cepat dan akurat dalam semua bidang terutama dalam bidang hiburan. Internat memiliki banyak sebutan yang diberikan oleh para penggunanya antara lain cyber,e-world,dunia maya dan masih bnyak lagi. Sebagai gambaran umum internet adalah suatu jaringan computer global terbentuk dari jaringan-jaringan computer local dan regional.

Saat ini yang banyak digunakan yaitu menulis melalui internet melaluine-mail atau blog. Tetapi banyak aspek yang belum diketahui sesorang, terutama mengenai etika dalam menulis melalui internet. Etika menulis di internet merupakan pendapat masing-masing orang mengenai tata cara atau sopan santun menulis di dalam dunia maya. Banyak yang kita jumpai seseorang yang menulis tanpa menggunakan aturan atau sopan santun yang semestinya, mengirimkan dengan menggunakan email, mempublikasikan dokumen elektronik seperti gambar, video dan tulisan-tulisan dalam bentuk lain tanpa memperhatikan kode etik yang semestinya. Hal-hal yang harus kita perhatikan adalah sebagai berikut :

  • Bila kita menulis tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar-golongan).
  • Kata yang kita sampaikan tidak boleh kasar atau dapat menyinggung perasaan seseorang.
  • Kalimat yang kita buat harus sesuai dengan EYD.
  • Walaupun kita sangat kesal, sampaikanlah dengan bahasa yang baik, benar dan halus.
  • Jangan menulis sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan (berbohong).
  • Jangan mengcopy-paste hasil tulisan seseorang, kita harus mencantumkan sumbernya, karna itu melanggar norma-norma yang berlaku.
  • Tulisan kita harus mempunyai tujuan yang jelas.
  • Kita juga harus memperhatikan tulisan kita berdampak positif atau negatif.

Tidak ada aturan yang baku untuk mensikapi informasi dalam menulis di internet. Namun, kita sebagai manusia seharusnya menyadari bahwa perilaku kode etik sangat diperlukan untuk menghormati satu sama lain di dalam komunitas dunia maya, khususnya dalam menulis.

Sumber : https://sam-worthington.net/