FAKTOR PENDUKUNG INTEGRITAS NASIONAL
Posted in: Pendidikan

FAKTOR PENDUKUNG INTEGRITAS NASIONAL

FAKTOR PENDUKUNG INTEGRITAS NASIONAL

FAKTOR PENDUKUNG INTEGRITAS NASIONAL

Indonesia terdiri dari beragam suku yang jumlahnya sangat banyak. Tentu saja hal itu kan berdampak pada banyaknya hal yang berkaitan dengan budaya di Indonesia. Untuk membuat seluruh rakyat dapat berkomunikasi dengan baik, maka lahirlah bahasa Indonesia. Hal ini, hanya merupakan salah satu dari faktor pendukung integritas nasional.

1. PEMEGANGAN TEGUH PANCASILA

Pancasila mengandung makna yang sangat mendalam bagi Indonesia. Bahkan, perancangannya sudah mempertimbangan banyak aspek kehidupan yang mana paling mendasar bagi seluruh suku di Indonesia. Selain itu, Pancasila juga selalu menghargai adanya perbedaan meskipun berbeda SARA. Dengan mengajarkan Pancasila dan mengamalkannya akan dapat mendukung terwujudnya integritas nasional.

2. ADANYA JIWA SEMANGAT BERGOTONG-ROYONG

Manusia adalah makhluk sosial. Maka dari itu, pemenuhan kebutuhan hidup tidak dapat dilakukan sendiri. Selalu membutuhkan orang lain untuk melakukan banyak hal juga. Jadi jiwa gotong royong sangat diperlukan, sehingga orang lain atau masyarakat sekitar juga akan menjadi ringan tangan dalam membantu kebutuhan hidup Anda.

Budaya individualis itu tidak baik. Orang yang menerapkan hidup seperti itu akan cenderung menjadi apatis terhadap keadaan lingkungan di sekitarnya. Perlu diingat bahwa manusia hidup itu tidak selamanya sehat. Suatu saat pasti akan memerlukan pertolongan orang lain. Maka dari itu, manusia perlu untuk menumbuhkan jiwa semangat bergotong royong ini sejak dini.


Sumber: https://www.smsgrosir.co.id/the-tiny-adventures-apk/