Posted in: Pendidikan

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi

Besar kecilnya konsumsi yang dilakukan seseorang dipengaruhi berbagai factor. Factor-faktor tesebut secara umum dikelompokkan menjadi dua, yaitu factor ekonomi dan nonekonomi.

  1. Factor ekonomi

1)         Pendapatan

Besar kecilnya pendapatan yang diterima seseorang akan mempengaruhi tingkat konsumsi. Misalnya, konsumsi orang yang berpendapat tinggi akan berbeda dengan orang yang berpendapatan rendah. Pendapatan memiliki pengaruh positif terhadap konsumsi. Artinya, semakin besar pendapatan seseorang, semakin tinggi kecenderungan orang melakukan konsumsi. Demikian sebaliknya, semakin rendah pendapatan seseorang, semakin kecil kecenderungan orang melakukan konsumsi.

2)         Perkiraan harga

Perkiraan terjadinya perubahan pada harga barang atau jasa turut mempengaruhi konsumsi seseorang. Misalnya, ketika terjadi perkiraan, harga bahan bakar minyak (BBM) di luar negeri lebih mahal daripada di dalam negeri. Masyarakat beramai-ramai membeli (BBM) karena khawatir kehabisan persediaan dan harganya akan semakin mahal.

3)         Iklan

Iklan di media cetak maupun elektronik turut mempengaruhi besar kecilnya konsumsi seseorang. Iklan merupakan alat yang ampuh bagi produsen untuk mempengaruhi konsumen agar menggunakan dam membeli barang atau jasa yang dihasilkan.

4)         Harga barang yang bersangkutan

Ketika harga suatu barang mengalami kenaikkan, orang akan cenderung konsumsi terhadap barang tersebut. Misalnya, harga daging sapi di pasar X mengalami kenaikkan harga, akibatnya orang-orang akan mengurangi membeli daging sapi karena harganya yang semakin mahal. Akibatnya, konsumsi terhadap daging sapi menurun.

5)         Harga barang lain

Pada barang subtitusi (pengganti), konsumsi memiliki pengaruh negative. Misalnya ketika harga daging sapi tinggi, orang akan mengurangi konsumsi terhadap daging sapi. Mereka akan beralih pada barang pengganti daging sapi misalnya, daging ayam atau daging kambing. Namun pada barang yang bersifatb melengkapi (komplementer), konsumsi memiliki pengaruh yang positif. Misalnya jika konsumsi terhadap pembelian sepeda motor tinggi, menyebabkan konsumsi terhadap bahan bakar (premium) juga tinggi.

  1. Factor nonekonomi

1)         Selera

Selera seseorang dalam melakukan konsumsi barang atau jasa berbeda-beda. Misalnya, ada orang yang memiliki selera membeli mobil tipe mini bus. Alasannya, dapat menampung lebih banyak anggota keluarga. Namun, ada pula yang memiliki selera membeli mobil tipe sedang dengan alasan kemewahan.

https://tokopediaaplikasi.id/voice-recorder-pro-apk/