Gramedia Akan Berikan Penghargaan Kepada 20 Taman dan Komunitas Baca

Gramedia Akan Berikan Penghargaan Kepada 20 Taman dan Komunitas Baca

Gramedia Akan Berikan Penghargaan Kepada 20 Taman dan Komunitas Baca

Gramedia Akan Berikan Penghargaan Kepada 20 Taman dan Komunitas Baca
Gramedia Akan Berikan Penghargaan Kepada 20 Taman dan Komunitas Baca

Sebanyak 20 taman dan komunitas baca yang telah terseleksi dan kemudilian dipilih berdasarkan penilaian

dewan juri akan menerima penghargaan dari PT Gramedia Asri Media. Penghargaan bertajuk Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018 akan akan dilakukan di Grand Rafflesia Ballroom, Balai Kartini, Jakarta pada Jumat (28/9) malam nanti.

“Acara ini (GRCC) memang rutin kita selenggarakan setiap 2 tahun sekali, dimana penghargaan ini akan kita berikan kepada komunitas, gerakan dalam masyarakat atau individu yang memiliki dan membuat sebuah taman bacaan dengan harapan akan terus menumbuhkan minat membaca dikalangan masyarakat,” ujar Yosef Aditio, Corporate Secretary PT Gramedia Asri Media, Kamis (27/9).

Ditambahkan Yosep, untuk tahun ini, pihaknya telah menyeleksi total 987 taman baca yang menjadi

peserta dan kemudian terpilih menjadi 20 taman baca terbaik yang terbagi di 5 wilayah regional yakni Regional Sumatera, Regional Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, Regional Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, Regional Jawa Timur, Bali, NTB dan Kalimantan serta Regional NTT, Sulawesi dan Indonesia Timur.

“Untuk pemenangnya yang berjumlah 20 taman bacaan itu selain mendapatkan penghargaan berupa piagam juga akan mendapatkan development funding berupa hadiah dan donasi buku selama 1 tahun. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dalam acara literasi di wilayah masing-masing bersama Gramedia. Dimana masing-masing regionalnya akan mendapatkan jatah empat taman bacaan,” lanjutnya.

Senada dengan Yosef, Suwandi S. Brata selaku Publishing & Education Director PT Gramedia Asri Media

, kegiatan ini memang tak lepas dari keinginan besar mereka untuk terus menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat yang akhir-akhir ini angkanya semakin berkurang.

“Jika ditanya mengapa kami mendukung kegiatan, idealisme kami untuk mengembangkan warga Indonesia yang lebih hebat lagi. Untuk menghidupkan semangat pencerdasan bangsa, semangat mencari ilmu lewat buku inilah kami membuat penghargaan ini sebagai apresiasi kami terhadap komunitas taman bacaan yang ada di Indonesia,” tandasnya.

Selain akan menggelar GRCC, Gramedia juga akan meluncurkan website baru bernama literasinusantara.com. Dimana situs web tersebut memang dirancang khusus untuk mewadahi informasi mengenai literasi, seperti artikel, aktifitas, profil komunitas/taman baca, forum diskusi dan acar

 

Baca Juga :