Posted in: Kesehatan

INILAH BAHAYA KEKURANGAN VITAMIN B PADA TUBUHMU

INILAH BAHAYA KEKURANGAN VITAMIN B PADA TUBUHMU

Vitamin B merupakan keliru satu tipe nutrisi yang perlu bagi tubuh manusia. Vitamin ini sering disebut dengan vitamin B kompleks sebab terdiri dari banyak tipe di antaranya adalah vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12 (cobalamin).

Vitamin ini begitu penting. Banyak manfaat tubuh-fungsi tubuh yang mampu teroptimalkan oleh vitamin ini. Karena khasiatnya yang terlampau besar, para dokter sering menyarankan orang-orang agar rajin makan makanan yang banyak mengandung vitamin B.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B terlampau banyak dan mudah diperoleh di pasar atau supermarket di daerah Anda. Bahkan anda mampu menanam sendiri bahan makanan sumber vitamin B ini.

Berikut bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B yang diperlukan tubuh.

Vitamin B1 mampu ditemukan pada sereal dan gandum utuh.
Vitamin B2 terkandung pada gandum, susu, telur, dan sayuran hijau.
Vitamin B3 mampu ditemukan pada ayam, ikan, daging merah, hati, gandum, dan kacang-kacangan.
Vitamin B5 banyak ditemukan pada kentang, daging sapi, tomat, telur, brokoli, daging ayam, dan nasi merah
Vitamin B6 banyak terkandung pada buncis, tuna, salmon, semangka, kentang, bayam, dan hati sapi
Vitamin B7 mampu diperoleh dari pisang, salmon, sereal, hati, dan kembang kol
Vitamin B9 terkandung pada makanan olahan.
Vitamin B12 banyak dikadung oleh daging dan susu.
Kekurangan vitamin B kompleks mampu menambahkan efek yang jelek bagi kebugaran tubuh, baik pada anak maupun orang dewasa. Kekurangan vitamin B pada anak-anak mampu mempengaruhi perkembangan dan perkembangannya. Pada orang dewasa, mampu mengakibatkan terjadinya beragam kasus kesehatan. Tubuh yang kekurangan nutrisi dari vitamin B dapat rentan di serang beragam tipe penyakit. Mulai dari penyakit yang mudah dan mudah diobati sampai penyakit yang kronis.

Berikut adalah efek yang mampu Anda rasakan jika kekurangan nutrisi dapat vitamin B kompleks.

Kekurangan Vitamin B1 mampu mengakibatkan penyakit beri-beri dan sindrom wernicke-korsakoff yang mempengaruhi proses saraf. Apabila tidak langsung diobati, penyakit wernike mampu menjebabkan sindrom korsakoff yang mengganggu manfaat memori di otak secara permanen.
Kekurangan Vitamin B2 mampu mengakibatkan anemia, mata merah, sariawan, dan infeksi mulut. Selain itu pada ibu hamil, kekurangan vitamin B2 mampu mengakibatkan perkembangan bayi jadi terhambat.
Kurangnya vitamin B3 dapat mengakibatkan tubuh mengalami problem pencernaan, sariawan, kelelahan, muntah sampai depresi. Lebih gawat lagi, kekurangan vitamin B3 mampu menyebabkan penyakit pellagra yang ditandai dengan problem pada kulit, pencernaan dan proses saraf. Apabila tidak langsung diobati, penyakit ini mampu mengakibatkan kematian.
Orang yang kekurangan vitamin B dapat mengalami sakit kepala, kelelahan, mudah marah, kordinasi otot terganggu, dan problem pencernaan.
Kekurangan vitamin B6 mampu mengakibatkan anemia, depresi, sariawan, mual, kebingungan, rentan terkena infeksi, sampai menambah efek terkena kanker usus besar dan kanker lainnya.
Kekurangan vitamin B7 mampu menyerang ibu hamil, penderita gizi buruk, atau mereka yang mengalami penurunan berat bedan yang cepat. Gelajanya meliputi rambut rontok, kulit kering, ruam bersisik di sekitar mata dan mulut, kelelahan dan depresi.
Kekurangan vitamin B9 mampu mengakibatkan penurunan kuantitas sel darah merah pada ibu hamil dan janin di di dalam kandungan. Sehingga tubuh dapat mudah di serang anemia.
Kekurangan vitamin B12 mampu mengakibatkan timbulnya depresi, penyakit anemia, problem manfaat saraf (neuropati perifer), problem pada lidah (glossitis) dan sembelit.
Menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi dapat menambahkan efek positif bagi kebugaran anda. Tubuh dapat memiliki energi tahan yang kuat agar tidak rentan di serang beragam macam penyakit. Begitu pula pada ibu hamil, mampu menolong di dalam perkembangan dan perkembangan janin. Untuk itu, anda perlu mengonsumsi makanan bervitamin B kompleks maupun vitamin lainnya untuk mencukupi nutrisi yang perlu bagi tubuh.

Sumber : https://penjaskes.co.id/

Baca Juga :