Karakteristik Gelombang Bunyi beserta Frekuensi

Gelombang Bunyi

Memahami Suara

Suara adalah salah satu jenis gelombang yang bisa dirasakan oleh pendengaran (telinga). Dalam pelajaran fisika, definisi suara adalah sesuatu yang dihasilkan dari objek yang bergetar. Objek yang menghasilkan suara disebut sumber suara. Sumber suara bergetar akan menggetarkan molekul-molekul di udara di sekitar mereka.

Oleh karena itu, persyaratan untuk suara terjadi adalah keberadaan objek bergetar. Perambatan suara membutuhkan medium (pengantar). Kita bisa mendengar suara jika ada sarana (pendahuluan) yang bisa menyebarkan suara.

Persyaratan untuk suara:

  • Ada objek bergetar (sumber suara)
  • Ada lingkungan yang menyebarkan suara juga
  • Ada penerima yang berada dalam jangkauan sumber suara.

Suara memiliki distribusi yang sangat terbatas. Suara juga membutuhkan waktu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Penyebaran suara yang cepat sebenarnya tidak terlalu hebat. Penyebaran suara yang cepat jauh lebih sedikit daripada penyebaran cahaya. Bahkan sekarang, orang dapat membuat pesawat terbang yang dapat terbang dengan kecepatan suara beberapa kali.

Formula pengurangan suara cepat

v = s / t
v = perambatan suara
(m / s), s = jarak dari sumber ke pengamat (m), t = interval waktu.

Sifat Suara

Gelombang Bunyi

Suara memiliki fitur atau karakteristik tertentu. Karakteristik gelombang suara ini, antara lain, adalah sebagai berikut:

  • Gelombang longitudinal
  • Tidak dapat berkembang biak dalam ruang hampa
  • Kecepatannya dipengaruhi oleh kepadatan medium (pendahuluan) dari distribusinya (padat, cair, gas). Tercepat di lingkungan dengan kepadatan tinggi.
  • Dapat mengalami resonansi dan refleksi.
  • Suara juga bisa beresonansi.

Sumber Suara

Sumber suara adalah semua benda yang bergetar dan menghasilkan suara yang merambat melalui zat menengah atau menengah ke dalam telinga. Suara itu dibuat dengan objek bergetar.

Hal-hal yang membuktikan bahwa suara diciptakan oleh objek bergetar:

  • Ujung penggaris bergetar membuat suara.
  • Ketika Anda berteriak, jika leher Anda dipegang, itu akan terasa menggigil.
  • Senar gitar yang dipilih akan bergetar dan menyebabkan suara.
  • Kulit pada gendang atau gendang terlihat bergetar ketika dipukul.

Persyaratan Suara

  • Sumber suara

Objek yang dapat membuat suara disebut sumber suara. Contoh sumber suara adalah berbagai alat musik, seperti gitar, biola, piano, drum, trompet dan seruling.

  • Zat perantara (rata-rata)

Gelombang suara adalah gelombang longitudinal yang tidak terlihat. Suara hanya dapat merambat melalui media perantara. Misalnya, udara, air, dan kayu. Tanpa lingkungan perantara, suara tidak dapat merambat, sehingga tidak akan terdengar. Menurut penelitian, padatan adalah media perambatan suara yang paling cocok untuk cairan dan gas.

  • pendengar

Suara bisa didengar ketika ada pendengar. Orang dilengkapi dengan pendengaran, yaitu pendengaran sebagai alat bantu dengar.

Berbagai Jenis Suara Reflektif

  • Suara reflektif yang meningkatkan suara asli

Suara yang dipantulkan meningkatkan suara asli ketika suara yang dipantulkan terdengar hampir bersamaan, sehingga suara aslinya menjadi lebih keras. Suara ini akan berbunyi jika jarak dari dinding ke sumber suara kurang dari 10 meter. Misalnya, suara kita akan lebih keras di kamar atau di kamar mandi, dan suara kereta menjadi lebih keras di terowongan.

  • Gema atau Kerdam

Gema atau kerdam terjadi jika jarak ke dinding jauh dari sumber suara (10-25 m). Gema adalah suara yang terdengar kurang jelas karena sebagian suara dipantulkan bersama dengan suara asli, yang mengganggu suara aslinya.

Gema terjadi di bangunan tertutup yang besar, seperti rumah pertemuan dan ruang pameran. Untuk menghindari gema, dinding interior bioskop, stasiun radio atau studio televisi, serta studio rekaman ditutupi dengan peredam.Bahan muffler yang sering digunakan antara lain wol, kapas, kardus, karet dan kaca.

Ketika pulsa gelombang suara mengenai logam yang rusak, pulsa sebagian dipantulkan, dan beberapa berlanjut. Impuls yang terpantul muncul dari penghalang yang memiliki kepadatan berbeda. Pulsa yang dipantulkan diterima oleh detektor, sehingga kerusakan pada logam dapat diketahui.

Baca Juga :