Posted in: Kesehatan

Kedudukan Masyarakat Sebagai Arah Pembangunan Ekonomi.

Kedudukan Masyarakat Sebagai Arah Pembangunan Ekonomi.

            Struktur masyarakat kita sekarang ini (walaupun dalam bentuknya telah terjadi perubahan-perubahan dibandingkan dengan keadaan zaman feodal/kolonial), dalam wujudnya yang lebih hakiki belum banyak berbeda dari struktur zaman feodal/kolonial. Dalam bidang politik, struktur kita masih bersifat patrimonial[2], di mana di satu pihak ada yang memerintah, dilain pihak ada yang diperintah serta hanya menjalankan perintah. Tidak ada kekuatan sosial-politik lainnya untuk mengimbangi segala sesuatu yang terjadi. Tetapi pada struktur sosial di Indonesia dapat dikatakan terdiri dari atasan/bahawan. Hal ini berlaku di semua segi kehidupan sosial. Dapat dikatakan tidak ada lapisan sosial menengah yang menempatkan diri sebagai penengah atau di antara kedua lapisan tersebut. Lapisan ini lebih berorientasi ke atas dan selalu mencoba mengidentifikasikan diri dengan atasan serta tidak pernah secara subtansial menempatkan diri dengan bebas dan merdeka antara kedua lapisan tersebut. Dalam bidang ekonomi, struktur masyarakat indonesia lazim disebut struktur yang dualistik, yaitu suatu struktur ekonomi di mana dua lapis kegiatan ekonomi yang berlainan dalam berbagai segi dan kemampuan hidup berdampingan, tetapi terpisah jurang perbedaan yaitu ekonomi perkotaan dengan industri dan ekonomi pedesaan dengan pertanian (Prof. Sarbini, 2004:117).

            Segala usaha pembangunan, jika tidak sekaligus di arahkan terhadap perubahan struktur tersebut, akan lebih banyak memperlebar jurang perbedaan. Keadaan ini lebih serius jika kita sadari bahwa rakyat yang terbanyak berada di dalam pihak yang sangat lemah dan sangat rendah kemampuannya di segala kegiatan ekonomi. Berdasarkan ideologi yang hidup di indonesia (dengan tekanan pada kegiatan sosial, pemberantasan kemiskinan dan kerakyatan), maka seperti yang telah dikemukakan, fokus dan orientasi pembangunan kita hendaknya ada di daerah pedesaan. Karena itu, waktu kita meninjau lebih lanjut keadaan dan kenyataan masyarakat Indonesia ada baiknya jika kita mulai dengan mengadakan peninjauan lebih seksama terhadap keadaan masyarakat desa (Prof. Sarbini, 2004:118).

            Keadaan dan kenyataan masyarakat indonesia di pedesaan menjadi lebih jelas jika kita kemukakan  ciri-ciri dan sifat-sifat yang dihadapinya, yaitu antara lain (Prof. Sarbini, 2004:119):

  1. Adanya kemiskinan yang luas;
  2. Adanya kekurangan gizi yang mengakibatkan gangguan kesehatan dan kekurangan kemampuan fisik, sehingga produktivitas dan dinamikanya rendah.
  3. Besarnya jumlah pengangguran, khususnya meluasnya pengangguran yang bersifat terselubung. Di samping itu, sangat terasa kurangnya kesempatan kerja penuh.
  4. Kurangnya pendidikan.
  5. Terdapatnya teknologi yang sangat terbelakang serta alat-alat produksi yang usang dan sangat tidak produktif.
  6. Kehidupan ekonomi, sosial, dan politik yang berbeda dalam keadaan semi-isolasi dan tidak berkembang.
  7. Perkembangan ekonomi, sosial, dan politik yang terbelakang dan statis.
  8. Bagian terbesar dari rakyat dase hidup di bawah tekanan-tekanan, antara lain tekanan kebutuhan dasar yang dengan susah payah dapat mereka penuhi hanya untuk sebagian saja, dan juga berbagai macam tekanan dari kelompok-kelompok yang berkuasa (baik dari pihak birokrasi maupun pihak ekonomi, keuangan, dan lain-lain.

            Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa strategi pembangunan alternatif menurut Prof. Sarbini ialah yang menjadi target dari pembangunan adalah masyarakat di pedesaan serta hubungan-hubungannya seperti keadaan struktur politik, sosial dan ekonomi. Apa yang harus dibangun? Adalah persoalan-persoalan yang terjadi pada masyarakat pedesaan seperti delapan poin masalah yang telah disebutkan. Adapun arah dan tujuannya ialah pemberantasan kemiskinan, menegakkan keadilan sosial, dan berjiwa kerakyatan. Dengan demikian, strategi yang harus diterapkan adalah “pembangunan yang terintegrasi atau pembangunan Total”. apa yang dimaksud dengan pembangunan terintegrasi? Dapat dijelaskan pada sub-bab berikutnya!.

Sumber :

https://khasanahkonsultama.co.id/filter-wajah-instagram-hadir-di-siaran-langsung/