LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK
Posted in: Pendidikan

LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK

LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK

LEMBAGA KEUANGAN BUKAN BANK

Lembaga Keuangan Bukan Bank atau bisa disingkat menjadi LKBB adalah suatu lembaga keuangan yang sangat berbeda dengan Bank. Fungsinya sendiri adalah lembaga ini tidak diperkenankan untuk menghimpun uang secara langsung dari masyarakat. Sebutan bagi Lembaga Keuangan Bukan Bank ini adalah non depository financial institutions.

Setelah mengenal definisi dari apa itu Lembaga Keuangan Bukan Bank, maka sebagai berikut Lembaga-Lembaga Keuangan Bukan Bank:

1. LEMBAGA PEMBIAYAAN

Lembaga pembiayaan ini sendiri adalah penyediaan barang modal atau dana, dan pengertian tersebut telah di jelaskan dalam  Pasal 1 Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009.

Dalam pasal lanjutan nya juga kemudian Pasal 2 PP RI nomber 9 tahun 2009 menjelaskan, bahwa lembaga pembiayaan ini meliputi:

  1. Perusahaan pembiayaan.
  2. Perusahaan modal ventura.
  3. Perusahaan pembiayaan infrastruktur.

Berikut adalah penjelasan dari jenis lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia saat ini, sebagai berikut:

  1. Usaha Kartu Kredit
  2. Pembiayaan Konsumen
  3. Sewa Guna Usaha
  4. Anjak Piutang

2. LEMBAGA ASURANSI

Asuransi sendiri menurut Pasal 1 Undang-Undang No 2 Tahun 1992 lembaga asuransi sendiri adalah

“Asuransi atau Pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertangung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan”

3. PASAR MODAL

Pasar modal sendiri adalah salah satu lembaga bukan bank dimana dapat di definisikan oleh Pasal 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995, bahwa pasar modal adalah :

“kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.”

Dalam pasar modal ini biasanya dana yang digunakan adalah dana pemodal dimana terjadi sebuah transaksi penjual dan pembeli, dan barang yang di perjual belikan tersebut bisa berupa surat pengakuan utang, surat obligasi, surat berharga komersial, tanda bukti utang, kontrak berjasa, dan lain-lainnya.

4. BAITUL MAL WA TAMWIL (BMT)

Baitul Mal Wa Tamwil sendiri bisa disebut Balai Usaha Mandiri Terpadu dengan pengertian suatu lembaga keuangan kecil dimana sistem atau prinsip yang digunakan adalah bagi hasil, biasanyabantuan atau lembaga keuangan ini lebih di fokuskan pada usaha mikro atau kaum-kaum fakir miskin agar derajat mereka secara materi bisa lebih baik.

Konsep dalam Baitul Mal Wa Tamwil ini adalah Salaam dimana berarti keselamatan, kedamaian, dan kesejahteraan.

Baitul Mal Wa Tamqil ini sendiri adalah lembaga keuangan yang berbasis syariah atau menggunakan hukum-hukum islam dalam pengoperasian nya. Lembaga ini pun adalah lembaga informal yang maksudnya adalah Kelompok Swadaya Masyarakat maka dari itu berbeda dengan lembaga keuangan lain nya yang lebih formal.


Sumber: https://www.terbaru.co.id/might-and-mayhem-apk/