Manfaat dan khasiat buah nangka
Posted in: Umum

Manfaat dan khasiat buah nangka

Manfaat dan khasiat buah nangkaManfaat dan khasiat buah nangka

Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.
Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5–25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.
Tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus, yang tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol berbentuk gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 cm, dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar apabila masak. Bunga nangka disebut babal. Setelah melewati umur masaknya, babal akan membusuk (ditumbuhi kapang) dan menghitam semasa masih di pohon, sebelum akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.
Buah majemuk (syncarp) berbentuk gelendong memanjang, seringkali tidak merata, panjangnya hingga 100 cm, pada sisi luar membentuk duri pendek lunak. ‘Daging buah’, yang sesungguhnya adalah perkembangan dari tenda bunga, berwarna kuning keemasan apabila masak, berbau harum-manis yang keras, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2–4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit, endokarp yang liat keras keputihan, dan eksokarp yang lunak. Keping bijinya tidak setangkup.

Manfaat

Namun nangka ternyata tak hanya nikmat di lidah, tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan yang dimilikinya. Apa saja?

1. Kaya nutrisi pelawan sel kanker

Buah nangka mengandung zat isoflavon, fitonutrien, lignan, dan saponin. Kandungan ini mampu melawan sel kanker pada tubuh manusia. Kandungan-kandungan ini juga dapat mencegah masuknya radikal bebas yang dikenal sebagai salah satu penyebab utama kanker dan penyakit kronis lainnya.
Kandungan fitronutrien berfungsi mencegah sel kanker berkembang di tahap awal. Sementara kandungan saponin juga terbukti mampu mengatasi pertumbuhan kanker kolon. Fitronutrien dan saponin dapat bekerja sama mengurangi perkembangan sel kanker karena saling mengikat bersama-sama.

Misal :
100 g nangka yang dikonsumsi akan menyediakan 95 kalori. Buah ini daging yang lembut dan mudah dicerna dengan kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika buah nangka ini dimakan akan langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh dengan segera. Tapi jangan terlalu banyak dalam sekali makan, karena akan menimbulkan gas dalam perut.
Nangka kaya akan serat makanan, yang membuatnya menjadi pencahar yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker usus besar.
Buah nangka segar mengandung sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein dan cryptoxanthin-b. Senyawa ini secara bersama-sama memainkan peran penting sebagai antioksidan dan mengoptimalkan penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga integritas membran lendir dan kulit. Manfaat buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A, dan karotenoid telah ditemukan untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.
Selain itu, nangka merupakan sumber antioksidan vitamin C yang menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga mampu menjadi antioksidan yang mampu melawan sel degenaritif yang memicu terjadinya gejala kanker seperti manfaat lemon dan manfaat apel.

2. Melindungi sel-sel DNA dari kerusakan

Buah nangka mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi sel DNA dari kerusakan akibat radikal bebas. Getah yang dimiliki nangka juga berfungsi sebagai pembersih usus dengan baik. Getah dan kandungan seratnya mampu bekerja sama untuk menghilangkan racun di sistem pencernaan.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain kandungan-kandungan yang telah disebutkan di atas, buah nangka juga kaya akan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai penguat sistem imun yang paling efektif.

Efek Samping
wah banyak sekali ya manfaat dan kandungan Buah nangka 🙂
tapi walau bagaimanapun semua kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan efek sampig

Berikut efek samping buah nagka jika dikonsumsi secara berlebihan

Konsumsi buah nangka bagi orang yang memiliki penyakit maag kronis akan berefek samping. Yaitu, membuat penyakit ini akan kembali kambuh. Oleh karena itu, bagi penderita bahaya maag kronis di larang mengkonsumsi buah nangka dengan cara berlebihan.
Dalam beberpa kasus, buah nangka dapat menyebabkan alergi. Oleh karena itu, jika Anda memang orang yang alergi dalam mengkonsumsi buah nangka sebaiknya hindari.
Koagulasi merupakan proses penggumpalan cairan atau larutan secara keseluruhan ataupun sebagian. Sehingga membentuk gumpalan-gumpalan baik lunak maupun keras seperti gel. Contohnya adalah menggumpalnya darah saat akan mengalir ke luar tubuh. Oleh karena itu jika Anda penderita gangguan darah lebih baik hindari mengkonsumsi buah nangka karena akan memperburuk kondisi Anda.
Penderita gejala diabetes dilarang mengkonsumsi buah nangka karena dapat meningkatkan tingkat glukosa dalam darah.
Jika Anda mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan, kandungan seratnya yang tinggi dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan kondisi feses tidak normal.
Jika Anda mengkonsumsi buah nangka berlebihan, maka akan menimbulkan gangguan pada perut seperti kembung, diare, dan rasa ingin buang gas terus-menerus.
Buah nangka memiliki manfaat dan khasiat yang melimpah bila dikonsumsi oleh ibu hamil dengan takaran yang normal.

Sumber: https://desaingrafis.co.id/mengapa-startup-gagal/