wortel
Posted in: Pendidikan

Manfaat Wortel

Sekilas, tahukah Anda bahwa wortel tidak dijadikan makanan? Tabung multi warna ini pertama kali digunakan sebagai obat tepung. Bagaimana wortel sangat membantu kesehatan Anda? Menghilangkan nutrisi dari sayur yang disukai banyak orang ini

Siapa yang tahu sayuran ini? Ya, wortel sangat populer di seluruh dunia karena mudah ditemukan. Wortel ditambahkan ke biji batang yang terbentuk di akar tanaman. Akibatnya tumor tersebut tidak tumbuh atau tumbuh di permukaan tanah.

Saat jangkrik ini tumbuh, daun muncul di permukaan tanah. Daun wortel terlihat seperti kepiting atau kulit kayu berwarna hijau muda. Itu adalah pangkal daun, terkadang dihiasi dengan bunga putih. Bunganya manis saat dimakan tapi mulutnya meradang.

Umbi tanaman ini rasanya lebih enak dari pada bunganya. Telurnya manis, kenyal dan tidak berbau. Oleh karena itu, masyarakat sering kali menyulap sebagian umbi menjadi makanan lain.

Nama latin untuk wortel adalah Ducas carota l. Jika Anda perhatikan, wortel mirip dengan selada. Biasanya ukurannya tipis dan garis sampingnya kecil.

Makanan favorit kelinci ini hadir dalam berbagai warna mulai dari hitam, ungu, putih, kuning, oranye hingga kuning, dan merah hingga merah. Namun di Indonesia, wortel biasanya dijual di pasaran berwarna kuning muda dan oranye.

Ducas carota yang dahulu dikenal dengan obat lentang memiliki banyak manfaat jika digunakan sebagai produk pangan. Anda bisa memasaknya dengan sup, kentang goreng, salad, jus, makanan mentah, dan keripik.

Kandungan Nutrisi Wortel

wortel

Wortel kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat. Menurut Kementerian Kesehatan RI, 80% umbi dapat digunakan untuk 100 gram wortel segar. Di bawah ini adalah beberapa nutrisi yang perlu Anda ketahui tentang wortel.

Nutrisi makro

Air (air): 89,9 g
Energi: 36 kalori
Protein (protein): 1.0 g
Lemak (lemak): 0,6 g
Karbohidrat (CHO): 7,9 g
Serat: 1,0 g

Mineral

Kalsium (Ca): 45 mg
Fosfor (P): 74 mg
Besi (Fe): 1,0 mg
Natrium (Na): 70 mg
Kalium (K): 245,0 mg
Tembaga (Cu): 0,06 mg
Seng (Zn): 0,3 mg

Vitamin dan antioksidan

Beta karoten (karoten): 3.784 mcg.
Total karoten (ulang): 7.125 mcg
Tiamin (Vitamin B1): 0,04 mg
Riboflavin (Vitamin B2): 0,04 mg
Niacin (Niacin): 1,0 mg
Vitamin C (Vitamin C): 18 mg

Wortel merupakan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Beta karoten. Wortel oranye mengandung beta karoten tinggi. Memasak wortel meningkatkan proses penyerapan tubuh.
Alfa karoten. Selain beta karoten, umbi berbagai warna mengandung antioksidan vitamin A berupa alfa-karoten.
Lutein. Wortel kuning, putih, dan kuning mengandung lutein yang tinggi. Ini adalah antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.
Likopen dan antosianin. Sayur dan buah merah mengandung likopen dan antioksidan. Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan jantung.
Polyacetylene: Studi terbaru telah mengkonfirmasi bahwa senyawa bioaktif dalam wortel membantu menjaga kesehatan sel darah.

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh

Melihat kandungan nutrisi pada wortel, tentunya umbi ini memiliki banyak manfaat. Apa pun? Berikut manfaat tanaman docus carota yang cantik, dan jika terlewat maka sayang sekali.

1. Risiko mencegah kanker

Kanker adalah penyakit yang mematikan. Kanker berasal dari hampir setiap bagian tubuh, dari organ luar hingga organ dalam seperti hati. Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan sel sehat yang tidak normal. Seiring waktu, jaringan sehat lainnya menyebar ke tulang, paru-paru, dan bagian otak.

Berdasarkan banyak penelitian, nutrisi wortel dapat melindungi Anda dari penyakit kanker. Salah satunya umbi ini mengandung antioksidan. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ginseng dapat mencegah berbagai jenis kanker.

Kanker paru-paru

Studi menunjukkan bahwa beta karoten dalam wortel meningkatkan risiko kanker paru-paru. Antioksidan ini dikatakan membantu mencegah kanker paru-paru. Bukan dalam bentuk suplemen, tapi dari sayur dan buah-buahan seperti wortel.

Lebih efektif jika orang yang berisiko berhenti merokok dan mengurangi kontak dengan bahan kimia yang merangsang paru-paru dan membuat gaya hidup mereka lebih sehat.

Leukemia

Penelitian telah melaporkan bahwa wortel tidak hanya memiliki manfaat mencegah kanker paru-paru, tetapi juga mencegah kanker darah. Wortel, yang mengandung betakaroten dan poliasetil, merupakan sumber bahan kimia bioaktif yang sangat baik untuk pengobatan leukemia.

Kanker rektal

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan manfaat wortel. Konsumsi rutin beta karoten, likopen, dan antioksidan lain yang ditemukan dalam bayam, brokoli, dan bayam dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung

Wortel mengandung antioksidan seperti serat, kalium, dan likopen. Kedua nutrisi tersebut dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Selain itu, wortel tidak mengandung kolesterol jahat yang baik untuk pembuluh darah.

Makan wortel segar dan sayuran serta buah-buahan lainnya lebih baik untuk wortel daripada paket seperti wortel (sayuran dan buah-buahan kalengan). Jika Anda menjaga tekanan darah, Anda dapat terhindar dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan mulut

Karies merupakan keluhan paling umum dari banyak orang. Dari anak-anak hingga dewasa. Kondisi ini terjadi karena plak terisi dan gigi lebih mudah patah. Untuk melakukan ini, Anda perlu menjaga kebersihan gigi agar tetap sehat.

Makan sayuran bersamaan dengan menggosok gigi juga akan melindungi gigi Anda. Wortel yang dikunyah, seledri, dan sayuran berserat tinggi lainnya dapat merangsang dan memperkuat otot gusi. Ini meningkatkan produksi air liur dan membersihkan mulut dari sisa makanan yang menempel padanya. Wortel juga mengandung beta karoten, yang dibutuhkan untuk membangun gigi yang kuat.

4. Menjaga kesehatan mata

Wortel sangat baik untuk vitamin A di mata. Karena itu, banyak orang tua yang sengaja mengenalkan makanan ini kepada anak kecil. Manfaat wortel membantu mencegah penyakit mata seperti glaukoma, katarak dan kelainan refraksi (miopia, astigmatisme, hiperopia).

Masalah mata tidak menyebabkan kematian. Namun hal tersebut dapat menurunkan kualitas hidup seseorang dan tentunya dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan yang fatal.

5. Mencegah penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit

Radikal bebas menyebabkan peradangan, kerutan dan flek hitam di wajah. Dengan paparan terus menerus, penuaan dapat terjadi dengan segera. Selain menggunakan produk perawatan kulit dari paparan sinar ultraviolet, mengonsumsi makanan bergizi bisa menunda penuaan kulit.

Wortel mengandung makanan yang kaya antioksidan seperti karotenoid dan polifenol. Umbi-umbian yang dengan mudah diolah menjadi berbagai menu ini mampu membuat kulit tampak awet muda.

Wortel tidak hanya menjaga kesehatan kulit, tapi juga membantu penderita kelainan kulit. Bagi penderita eksim atau psoriasis, konsumsi jus wortel secara teratur dapat memperbaiki penampilan kulit.

Antioksidan dan vitamin C memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Ini membantu kulit sembuh lebih cepat.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan yang lemah meningkatkan risiko berbagai penyakit menular seperti demam dan pilek. Ini bukanlah penyakit yang berbahaya, tetapi jika gejalanya parah, demam atau pilek dapat mengganggu aktivitas Anda. Umumnya, Anda perlu istirahat di rumah selama 1-2 hari untuk memperkuat kembali sistem kekebalan tubuh guna melawan infeksi.

Wortel disebut tidak hanya vitamin A, tetapi juga vitamin C. Jika Anda rentan demam atau dingin, Anda harus makan lebih banyak wortel. Wortel Vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Memperbaiki sistem metabolisme

Jika Anda sedang diet, minumlah jus wortel untuk menurunkan berat badan. Jus wortel memang manis tapi rendah kalori. Rasa manis ini bisa menggantikan soda dan pemanis lain yang sering Anda minum.

Jus wortel diketahui mengeluarkan empedu. Ini berarti metabolisme meningkat karena tubuh harus mengubah makanan menjadi energi. Ini akan memuaskan nafsu makan Anda dan memberi Anda energi bahkan saat Anda tidak makan.