Masalah Ekonomi Mikro

Masalah Ekonomi Mikro

Masalah Ekonomi Mikro

Masalah Ekonomi Mikro
Masalah Ekonomi Mikro

Disini akan membahas masalah bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian, diantaranya :

  • Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM)

Adanya kenaikan harga BBM menyebabkan beberapa pengusaha angkutan umum menaikkan tarifnya secara sepihak, hal ini merugikan konsumen pengguna angkutan umum. Untuk menangulanginya pemerintah bersama para asosiasi pengusaha angkutan melakukan penyesuaian tarif angkutan umum dengan menetapkan tarif resmi yang besarnya tidak merugikan kedua pihak.

  • Masalah Harga Dasar dan Harga Tinggi

Dampak dari krisis ekonomi adalah melambungnya harga barang, untuk mengatasinya pemerintah menetapkan harga dasar untuk membantu produsen dan harga tertinggi untuk membantu konsumen.

  • Masalah Monopoli

Praktik monopoli akan mengakibatkan penguasaan pasar terhadap barang atau jasa tertentu yang dihasilkan oleh satu perusahaan. Untuk menghindari hal ini, pemerintah membuat peraturan yang mengatur tentang kegiatan usaha agar menumbuhkan iklim usaha yang sehat bagi masyarakat, yaitu UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Selain masalah-masalah di atas pemerintah juga dihadapkan pada masalah bencana alam yang belakangan ini terjadi ditambah situasi politik yangg semakin tidak menentu. Hal ini membuat kondisi perekonomian semakin memburuk, maka dari itu diharapkan pemerintah dapat secara maksimal menjalakan fungsinya sebagai regulator di tengah masyarakat.

Demikian uraian mengenai pengaruh pemerintah untuk mengatasi kondisi ekonomi yang terjadi di negara ini. Semoga informasi yang saya sampaikan dapat berguna dan menjadi masukkan bagi pihak yang berwenang mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga :