MASALAH POKOK EKONOMI

MASALAH POKOK EKONOMI

MASALAH POKOK EKONOMI

MASALAH POKOK EKONOMI
MASALAH POKOK EKONOMI

 

Masalah pokok ekonomi ada 3 macam :

1. Produksi
2. Konsumsi
3. Distribusi
Masalah yg diatas itu diperluas dengan menggunakan ekonomi modern. yaitu apa (what), Bagaimana (How), Untuk siapa (for whom).
a. Apa (what)
           Masalah ini berhubungan dengan jenis barang dan jumlah barang dan jasa yg diproduksi sesuai kebutuhan masyarakat. apakah bahan makanan, tempat tinggal atau pakaian yg dipilih?
b. Bagaimana (How)
           persoalan yg harus dipecahkan dari masalah Apa (What) itu adalah Bagaimana barang tersebut di produksi?
c. Untuk siapa (for whom)
          dan setelah bagaimana barang dioroduksi dan lanjut kepada untuk siapa barang itu di produksi?
untuk menghadapi masalah tersebut bagaimana kita memecahkan masalah itu?
Kita mengenal 4 macam sistem ekonomi yaitu Sistem Ekonomi tradisional, Terpusat, Campuran, dan sistem Ekonomi Pasar, berikut penjelasannya :

– Sistem Ekonomi Tradisional

sistem ekonomi ini dijalankan dengan cara kepentingan bersama dengan demokratis, dengan menggunakan sistem ini segala barang atau jasa diperlukan dan di produksi oleh masyarkat sendiri. dan pemerintah hanya mempunyai batasan untuk melakukan perlindungan dan menjaga ketertiban umum. dengan ini masalah Apa, Bagaimana, Untuk siapa barang atau jasa semuanya dari masyarkat

sendiri.

Sistem Ekonomi Terpusat

Pada sistem ini Pemerintah berperan aktif, segala kebutuhan, dan keamanan masyarakat itu semua udah direncanakan pemerintah pusat. dengan demikian masalah Apa, Bagaimana, Dan Untuk siapa sendiri semuanya diatur oleh pemerintah.

Sistem Ekonomi Pasar

Pada sitem ini ekonomi dapat berjalan bebas sesuai mekanisme pasar, siapa saja bebas untuk memproduksi barang atau jasa, sehingga masayrakat lebih kreatif, efisien dan giat untuk bekerja. dengan sitem ini persaingan sangat berat dan kuat karna berlakunya persaingan bebas, dengan seperti ini yg kuat semakin kuat dan lemah semakin lemah, dalam arti ini barang atau jasa yg sudah memproduksi barang yg sudah terkenal dan banyak diminati masyarakat itu semakin terkenal dengan cara apapun dan diminati lagi dan yg tidak terkenal malah tidak banyak diminati. dengan masalah seperti itu pemerintah turun tangan dan menetapkan perundang undangan sehinnga dengan perundangan tersebut sistem ekonomi dapat terkendali dan bukan ekonomi bebas lagi.
– Sistem Ekonomi Campuran
            pada sistem ekonomi ini pada umumnya hanya dilakukan oleh negara-negara yg berkembang, dengan sistem ini pemerintah dan swasta sama sama diakui. disamping sektor swasta terdapat juga badan perencanaan negara yg merencanakan dan mengarahkan perkembangan ekonomi. sistem campuran ini dasarnya merupakan perpaduan dengan Sistem Ekonomi Terpusat dengan Sitem Ekonomi Pasar.