Mempengaruhi Bisnis Internasional

Mempengaruhi Bisnis Internasional

Mempengaruhi Bisnis Internasional
Mempengaruhi Bisnis Internasional

Di era globalisasi sekarang ini salah satu hal yang paling penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di suatu negara adalah perdagangan internasional. Hal ini terjadi karena perdagangan internasional merupakan sumber penghasil devisa yang paling besar bagi pendapatan negara. Selain itu juga dapat membuka kesempatan kerja, mentransfer modal dan teknologi dari luar negeri, dan dapat mengembangkan industri baru didalam negeri atau dikenal dengan usaha industrialisasi serta dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

Perdagangan internasional adalah kegiatan perdagangan barang-barang dan jasa, yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Perdagangan internasional timbul karena pada hakekatnya tidak ada satupun negara didunia ini yang dapat menghasilkan semua barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduknya. Perdagangan internasional terdiri dari dua bentuk yaitu ekspor dan impor tetapi yang lebih memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi terutama bagi negara-negara berkembang adalah kegiatan ekspor. Ini terjadi karena seperti halnya hubungan ekonomi antara perorangan, suatu negara bisa mempunyai hutang atau piutang dengan negara lain. Biasanya hutang yang diderita negara tersebut sebagai akibat dari adanya kegiatan impor barang-barang dari negara lain, itulah sebabnya ekspor lebih memegang peranan penting. Dalam melakukan kegiatan ekspor, suatu perusahaan dapat melakukan transfer barang dan jasa melewati batas-batas negara dimanapun yang merupakan tujuan dari ekspor perusahaan tersebut.

Seperti dalam bisnis umumnya, perdagangan internasional juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :

  • Faktor demografik/demografis, seperti jumlah, komposisi, dan pertumbuhan penduduk suatu negara yang menjadi tempat tujuan perdagangan internasional.
  • Faktor ekonomi berkaitan dengan keadaan ekonomi di negara kedua negara yang akan melakukan hubungan perdagangan internasional.
  • Faktor politik terkait dengan keadaan atau iklim perpolitikan yang sedang dialami oleh kedua negara, semakin kondusif iklim politik di negara tersebut maka akan semakin mempermudah terjadinya hubungan perdagangan internasional tersebut.
  • Faktor teknologi, semakin pesat kemajuan teknologi yang dikuasai oleh negara tersebut maka akan semakin memperlancar perdagangan internasional yang dilakukan oleh negara tersebut.

Dari beberapa faktor di atas kita dapat melihat bahwa karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara yang melakukan hubungan perdagangan internasional tersebut sangat mempengaruhi kelancaran kegiatan perdagangan tersebut. Selain faktor eksternal dari kedua negara tersebut diatas, ada juga faktor internal yang berasal dari karakteristik perusahaan yang akan melakukan perdagangan internasional. Beberapa contoh faktor internal perdagangan internasional terdiri dari ukuran perusahaan, pengalaman ekspor, motif proaktif, motif reaktif dan strategi efisiensi biaya. Kedua faktor ini saling berkaitan dalam menentukan hubungan perdagangan internasional yang akan dilakukan oleh kedua negara.

Demikian uraian mengenai sejauh mana karakteristik asing yang dimiliki negara yang melakukan hubungan perdagangan, dapat mempengaruhi bisnis internasional. Semoga informasi yang saya berikan dapat menjadi sumber inspirasi dan menambah sedikit pengetahuan kita tentang bisnis internasional.

Sumber : https://write.as/danuaji88/education-is-one