Mengapa penderita HIV sulit untuk menambah berat badan ?

Orang dengan HIV / AIDS (ODHA) biasanya cenderung kurus dan berat badannya bertambah. Tidak semua, tetapi kebanyakan dari mereka memiliki tubuh kurus. Meski begitu, itu tidak berarti bahwa ODHA tidak bisa menjadi gemuk. Ada berbagai cara untuk menambah berat badan ke angka ideal.

Mengapa penderita HIV sulit untuk menambah berat badan?

Ada banyak faktor yang membuat ODHA sulit mengalami obesitas, salah satunya adalah keberadaan virus HIV itu sendiri. Selanjutnya, faktor lain yang juga sangat berpengaruh adalah kurangnya nafsu makan. Bahkan, ketika seseorang terinfeksi virus HIV, sistem pertahanan tubuh akan berbuat lebih banyak untuk melawan infeksi.


Agar tubuh dapat bekerja melawan infeksi, orang yang hidup dengan HIV membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempertahankan energinya. Karena alasan ini, ODHA harus makan lebih banyak daripada orang sehat lainnya. Sayangnya, ini tidak sesuai dengan selera makannya. Adapun beberapa hal yang membuat ODHA tidak menggugah selera, yaitu:

Efek samping obat
Mual dan muntah mudah
depresi
Kelelahan yang serius
Selain tidak nafsu makan, masalah lain yang membuat orang yang hidup dengan HIV sulit untuk mengalami obesitas, yaitu diare. Diare melewati makanan melalui usus dengan sangat cepat tanpa diserap. Selain itu, faktor lain yang membuat ODHA sulit untuk bertambah berat badan adalah berkurangnya kemampuan tubuh untuk menyerap makanan.

Setelah dimakan, makanan akan dipecah menjadi sistem pencernaan oleh ekstrak dan nutrisi. Berbagai nutrisi ini nantinya akan memasuki aliran darah dan diangkut ke organ dan jaringan tubuh. Sayangnya, infeksi yang dialami oleh orang yang hidup dengan HIV sering merusak dinding usus. Akibatnya, berbagai nutrisi yang dibutuhkan tidak dapat diserap dengan sempurna.

Ketika tidak menerima cukup makanan, tubuh menggunakan cadangan energi lemak dan protein di otot. Jika ini terjadi setiap saat, orang yang hidup dengan HIV pada akhirnya menurunkan berat badan dan massa otot. Kondisi yang berbeda ini akhirnya membuat ODHA akhirnya sangat kurus, dan seringkali bahkan tidak mengalami kekurangan gizi.

ODHA masih bisa gemuk, begini caranya
makanan untuk mencegah kram otot

Untuk menambah jumlah skala ODHA ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Makan lebih banyak kalori
Makan adalah salah satu cara utama untuk menambah berat badan bagi Odha yang terlalu kurus dan sulit untuk menambah berat badan. Cobalah makan lebih banyak karbohidrat dari nasi, jagung, gandum, roti, kentang atau kentang manis. Juga, jangan lupa untuk melengkapi menu makanan dengan lemak sehat, seperti daging, ikan, ayam atau alpukat.

Selain lemak, Anda juga harus mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi, seperti telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Jangan lupa untuk memasukkan serat ke dalam makanan Anda, seperti sayur dan buah. Untuk menambah nafsu makan, cobalah memvariasikan resep untuk setiap presentasi.

Mereka sering makan cemilan
Banyak orang tidak memiliki nafsu makan tetapi sangat senang dengan makanan ringan. Jika Anda salah satunya, cobalah makan makanan ringan yang sehat, dibeli di pasar atau buatan sendiri. Camilan sehat dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Berbagai camilan sehat bisa Anda santap, yaitu kacang-kacangan, buah-buahan dan yogurt.

Makan lebih sering
Apakah Anda sering merasa mual saat makan dalam porsi besar? Jika demikian, masalah ini adalah makan porsi kecil, tetapi sering. Selain lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, metode ini juga membantu Anda mendapatkan kalori yang Anda butuhkan setiap hari. Dengan cara ini, makan lebih sering dengan porsi kecil bisa menjadi solusi bagi Odha yang sulit bertambah berat badannya.

olahraga
Dilansir oleh WebMD, olahraga bisa meningkatkan nafsu makan lebih baik dari biasanya. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengalihkan Anda dari stres karena penyakit yang mungkin terus menghantui pikiran.

Tidak hanya itu, olahraga juga merupakan satu-satunya cara untuk memperkuat dan membangun otot. Selanjutnya, otot sebagai tempat menyimpan cadangan energi akan digunakan oleh sistem kekebalan tubuh bila perlu.

Karena itu, Odha sangat dianjurkan untuk berolahraga untuk menjaga kesehatannya. Untuk menambah massa otot, angkat berat mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Obati infeksi
Lebih lama, virus HIV akan semakin mengikis tubuh melalui berbagai infeksi yang ditimbulkan. Seperti disebutkan di atas, infeksi menyebabkan tubuh bekerja lebih dari biasanya untuk melawannya. Jika tidak disertai dengan asupan makanan, infeksi dapat secara drastis mengurangi skalanya dan menyulitkan Anda untuk menambah berat badan. Karena itu, mengobati infeksi pada awal kemunculannya menjadi salah satu cara penting yang harus dilakukan.

Baca juga: