Mengenal Perkembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia

Mengenal Perkembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia

siapa di pada kalian yang terkecuali sudah besar nanti mau jadi wirausahawan? Para wirausahawan ini berperan besar dalam pengembangan sektor ekonomi, khususnya sektor ekonomi kreatif, lho. zApakah kalian pernah mendengar konsep ekonomi kreatif? Belum kan? Yuk, mari kami simak dengan mengapa konsep ekonomi kreatif amat penting!

Nah, kalian sudah tahu belum sih apa itu konsep ekonomi kreatif? Konsep ekonomi kreatif merupakan konsep yang mengedepankan kemampuan berkreativitas dan berinovasi. Konsep ini termasuk mengandalkan sumber kekuatan manusia untuk meraih kesejahteraan. Selain itu konsep ini punyai potensi yang besar untuk tingkatkan perkembangan ekonomi. Indonesia sendiri punyai banyak sektor ekonomi kreatif, lho! Banyak bangeeeet! Apa saja, sih? Kuy, kami simak satu persatu.

Sektor yang pertama adalah sektor kuliner. Hayo, siapa yang suka makan di sini? Dalam bidang kuliner, salah satu penerapan ekonomi kreatif dijalankan dengan cara mengakibatkan tipe makanan baru. Bahkan, pada sebagian kasus, tipe makanan baru ini jadi tenar banget, lho! Contohnya pada lain ayam geprek. Pasti anda sudah pernah coba ayam geprek, kan?

Sektor setelah itu adalah periklanan. Coba deh anda perhatikan, saat ini banyak sekali kan iklan-iklan dengan konsep kreatif? Nah, aktivitas periklanan kreatif ini amat manfaatkan fasilitas dalam sistem pendistribusiannya. Kamu mau ikut berkecimpung di bidang ini juga?

Sektor ekonomi kreatif setelah itu adalah arsitektur. Ekonomi kreatif dan arsitektur mengenai berasal dari segi desain. Desain interior sudah terasa berkembang pesat lho. Tidak cuma untuk desain di rumah, tapi termasuk untuk desain perkantoran atau ruang publik lainnya. Selain itu, desain arsitektur dan tata kota termasuk ikut menerapkan komitmen ekonomi kreatif ini.

Siapa di pada kalian yang suka pelajaran kerajinan tangan dan kesenian? Sektor kerajinan ini merupakan salah satu sektor yang cukup tenar di bidang ekonomi kreatif. Coba deh anda ingat-ingat, terkecuali anda pergi ke area wisata, banyak banget kan cenderamata kerajinan tangan lokal yang dijual? Bagus-bagus, kan? Sektor kerajinan ini termasuk menyumbang banyak lho untuk keberlangsungan area wisata tersebut. Kamu sudah pernah membeli kerajinan tangan lokal area mana saja, nih?

Kamu pernah nonton fashion show, nggak? Pernah menyaksikan fashion show yang pakaiannya terbuat berasal dari plastik daur ulang? Nah, itu termasuk termasuk salah satu misal ekonomi kreatif. Kreatif banget, ya! Ternyata aktivitas daur kembali termasuk dapat membuahkan keuntungan dan karya seni yang bagus banget ya. Hayo, siapa di sini yang suka lakukan aktivitas daur ulang?

Selain fashion show, bidang seni rupa termasuk ikut berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kreatif ini. Kamu sudah pernah datang ke Jakarta Biennale? Nah, ini salah satu wujud konkret dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif di bidang seni rupa. Jakarta Biennale ini adalah pameran karya seni rupa berasal dari beraneka seniman di semua dunia. Seru banget, ya!

Selain seni rupa, musik termasuk merupakan salah satu sektor perlu dalam ekonomi kreatif. Keterlibatan musik dalam perkembangan ekonomi kreatif ini bentuknya bermacam-macam, baik berasal dari segi album musik secara fisik maupun pertunjukan musik. Siapa yang suka main musik di sini?

Kegiatan lain yang mengenai dengan ekonomi kreatif adalah seni pertunjukan. Hayo, apa aja nih yang termasuk ke dalam seni pertunjukan? Yes, seni pertunjukan ini contohnya pada lain pertunjukan teater dan drama musikal. Sudah pernah nonton? Dalam suatu pertunjukan teater dan drama musikal, tentu banyak banget segi yang dapat dilibatkan dengan ekonomi kreatif. Misalnya berasal dari segi kostum atau properti panggungnya. Ada yang bercita-cita ingin jadi penampil profesional di bidang seni pertunjukan?

Baca Juga :