Mengenal Profil Erebus

Mengenal Profil Erebus

Mengenal Profil Erebus

Mengenal Profil Erebus
Mengenal Profil Erebus

Erebus adalah dewa kegelapan, namanya bisa berarti “kegelapan yang dalam atau bayangan”.

Dalam mitologi Yunani , Erebus (diucapkan / ɛrəbəs / ), atau Erebos ( Yunani Kuno : Ἔρεβος, “kegelapan dalam, bayangan”), adalah anak dari dewa primordial, Chaos , dan mewakili personifikasi dari kegelapan dan bayangan, yang mengisi semua sudut dan celah dunia. Namanya digunakan secara bergantian dengan Tartarus dan Hades, sejak Erebus sering dianggap sebagai bagian dari dunia bawah. Erebus adalah cerminan yang nantinya akan terus berimbas kepada keturunan-keturunannya.

Keluarga

Menurut Hesiod ‘s Theogony , Erebus adalah anak dari Chaos dan kegelapan itu sendiri, tanpa melalui suatu hubungan, dan memiliki saudara bernama Nyx . Anak-anak Chaos yang lain adalah Eros , Tartarus , dan Gaia. Akhirnya Erebus menikahi Nyx, adiknya,  dan melahirkan Hemera (dewi hari), Aether (dewa langit), Cer (dewi kematian), Oneiroi (dewa mimpi ), serta Hypnos (Dewa tidur), Thanatos (dewa kematian), Momus (dewa kritik), Nemesis (dewi balas dendam), yang Hesperides (penjaga apel emas), dan Charon , tukang perahu. Ia juga ayah dari Geras (dewa usia tua) menurut Hyginus. Beberapa akun membuktikan bahwa Erebus adalah ayah dari Moirai(dewa nasib), dengan Nyx juga.

Versi lain menyatakan bahwa ia adalah anak dari Chaos dan Nyx. Suatu saat, Erebus mengusir ayahnya dan mengawini ibunya sendiri, dan dari hasil perkawinannya dengan ibunya, lahirlah Ether dan Emera, yang kemudian juga akan mengusirnya.

Versi lain lagi menyatakan bahwa, Erebus adalah nama anak dari Dewa Chaos, dan ibunya adalah Gaia (Bumi)

Sebagai tempat mitologi

Erebus kemudian digambarkan sebagai daerah, yang letaknya lebih dalam dari daerahnya Hades, di dunia bawah. Ini adalah tempat orang mati, dimana seseorang harus melewatinya segera setelah mati. Charonmengangkut jiwa-jiwa orang mati di seberang sungai Acheron, dan atas mana mereka, memasuki tanah orang mati.

Nama Tempat

Nama dewa erebus juga digunakan sebagai nama sebuah gunung berapi yaitu, Gunung Erebus di Pulau Ross, di Antartika . Secara historis gunung Erebus adalah gunung api aktif di bagian bumi paling selatan.

 

(Sumber: https://weareglory.com/)