Posted in: Kesehatan

Metode Belajar

Metode Belajar

Membahas pengertian metode belajar, biasanya tak bisa dilepaskan dari istilah-istilah lain, yaitu pendekatan, strategi, dan teknik karena keempatnya saling terkait[3].

  1. Pendekatan

Pendekatan, dalam bahasa Inggris sering diistilahkan dengan approach, yang artinya cara memulai sesuatu. Secara umum, pendekatan (approach) sering diistilahkan dengan cara pandang seseorang sesuai dengan filsafat dan keyakinan yang dianutnya. Lebih lengkapnya, pendekatan dapat diartikan sebagai seperangkat asumsi yang menjadi dasar (landasan) dalam memulai sesuatu.

  1. Strategi

Strategi berasal dari bahasa Yunani: strategia. Kata ini semula merupakan istilah yang digunakan dalam bidang militer, yang berarti: cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Strategi dalam konteks ini dapat diartikan pula sebagai suatu seni merancang operasi di dalam peperangan. Kata strategi yang semula merupakan istilah militer lambat laun digunakan pula pada bidang-bidang lainnya, seperti dalam bidang administrasi. Kemudian, penggunaannya melekat pula dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, strategi diartikan sebagai aplanmethodor series of activities designed to achieves a particular educational goal . Menurut pengertian ini, strategi pembelajaran meliputi rencana, metode, dan perangkat kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Pengertian strategi tersebut menegaskan bahwa strategi baru merupakan rencana, kegiatan yang masih bersifat umum, belum merupakan tindakan.

Recent Posts