Posted in: Pendidikan

Nilai suatu barang

Nilai suatu barang

Nilai atau kegunaan adalah kemampuan suatu benda atau jasa untuk digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan. Suatu barang dikatakan mempunyai nilai apabila barang tersebut mempunyai kemampuan untuk dipakai atau dapat ditukarkan dengan barang atau jasa lain. Nilai barang dan jasa dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

  1. Nilai pakai

Nilai pakai adalah kemampuan suatu barang dan jasa untuk digunakan oleh konsumen. Nilai pakai terbagi atas nilai pakai subjektif, yaitu nilai barang atau jasa yang ditinjau dari penggunaan barang atau jasa dan nilai pakai objektif adalah nilai barang atau jasa yang ditinjau dari barang atau jasa tersebut.

  1. Nilai tukar

Nilai tukar adalah kemampuan suatu barang untuk ditukar dengan benda lain. Nilai tukar terbagi atas nilai tukar objektif, artinya nilai tukar barang berdasarkan barangnya dan nilai tukar subjektif, artinya nilai tukar barang berdasarkan orang yang menukarnya.

  1. Perekonoian Indonesia dan Kebijakan pemerintah dalam Pembinaan Usaha Kecil

Pemerintah daerah dapat memanfaatkan usaha kecil untuk pengentasan kemiskinan. Untuk itu pemerintah daerah malalui kewenangan pembuatan peraturan bisa memberdayakan usaha kecil. Pemberdayaan dimaksudkan untuk menjadikan usaha kecil sebagai usaha yang tangguh dan mandiri dalam perekonomian nasional. Dalam proses pemberdayaan melibatkan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah harus menciptakan iklim yang usaha yang kondusif dan melakukan pembinaan dan pengembangan berupa bimbingan dan bantuan lainnya.

Dalam hal ini pemerintah dapat mendorong agar dalam menilai usaha kecil bisa dilihat dari kelayakan usaha dan bukan hanya atas dasar agunan. Pemerintah dapat mendorong agar usaha kecil membangun kemitraan dengan usaha besar dalam semangat saling menguntungkan. Pemda harus mampu membuat sosialisasi dan penyadaran kepada berbagai unsur yang terlibat dalam dunia usaha di daerah mereka masing masing. Tentu pemerintah harus mempersiapkan forum dialog antara pengusaha kecil dan pengusaha besar. Kualitas sumber daya manusia usaha kecil rata rata rendah dan pemerintah dalam hal ini dapat melakukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para pengusaha usaha kecil . Dengan demikian, pendekatan pembangunan SDM akan diprioritaskan dalam upaya memasyarakatkan dan membudayakan kewirausahaan khususnya dalam rangka pembinaan usaha kecil .

https://tokopediaaplikasi.id/epic-of-kings-apk/