OJK Himbau Masyarakat Waspadai 21 Entitas Investasi

OJK Himbau Masyarakat Waspadai 21 Entitas Investasi

OJK Himbau Masyarakat Waspadai 21 Entitas Investasi

OJK Himbau Masyarakat Waspadai 21 Entitas Investasi
OJK Himbau Masyarakat Waspadai 21 Entitas Investasi

BANDUNG-Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang

Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap penawaran produk atau kegiatan usaha dari 21 entitas yang telah diidentifikasi pada Desember ini.

Dalam keterangan pers OJK Jabar, Sabtu (16/12) menginformasikan , Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menyataja imbauan ini dikeluarkan mengingat entitas tersebut tidak memiliki izin usaha penawaran produk dan penawaran investasi sehingga berpotensi merugikan masyarakat karena imbal hasil atau keuntungan yang dijanjikan tidak masuk akal.

Untuk terus melindungi konsumen dan masyarakat, Satgas Waspada Investasi meminta kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap penawaran dan produk dari 21 entitas itu.

Satgas Waspada Investasi juga mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penawaran Bitcoin

atau virtual currency yang saat ini sedang marak. Virtual currency bukan merupakan instrumen investasi keuangan yang memiliki regulasi.

“Perdagangan virtual currency lebih bersifat spekulatif karena memiliki risiko yang sangat tinggi. Beberapa entitas yang menawarkan virtual currency bukan bertindak sebagai marketplace tetapi memberikan janji imbal hasil tinggi apabila membeli virtual currency,” kata Tongam.

Menurutnya, Bank Indonesia juga telah menyatakan bahwa virtual currency tidak dapat digunakan sebagai alat tukar.

Satgas Waspada Investasi meminta kepada masyarakat selalu berhati-hati

dalam menggunakan dananya. Jangan sampai tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi tanpa melihat risiko yang akan diterima.

Satgas Waspada Investasi secara berkesinambungan melakukan tindakan preventif berupa sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat terhindar dari kerugian investasi ilegal.

Peran serta masyarakat sangat diperlukan, terutama peran untuk tidak menjadi peserta kegiatan entitas tersebut dan segera melaporkan apabila terdapat penawaran investasi yang tidak masuk akal. Penanganan yang dilakukan oleh Satgas Waspada Investasi ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat yang telah menyampaikan laporan atau pengaduan. Jo

 

Sumber :

http://sitialfiah.blogs.uny.ac.id/fungsi-jaringan-tumbuhan/