Pelaku Ekonomi, Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

Pelaku Ekonomi, Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

Selamat datang di Itms, disini akan membahas materi tentang apa itu Pelaku Ekonomi. Berikut dibawah ini penjelasanya:

Pelaku Ekonomi, Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

1. Pelaku-Pelaku Ekonomi

Pelaku Ekonomi, Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi – Pelaku ekonomi dalam sebuah perekonomian sebenarnya tidak hanya terdiri atas konsumen dan produsen, tetapi juga pemerintah dan masyarakat luar negeri. Dengan demikian, pelaku ekonomi dalam perekonomian empat sektor terdiri atas sektor Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP), sektor Rumah Tangga Pemerintah (RTG), dan sektor Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN).

a. Sektor Rumah Tangga Konsumen (Households Sector)

Sektor rumah tangga konsumen memiliki faktor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk proses produksi barang  dan jasa bagi perusahaan, pemerintah maupun sektor luar negeri.

b. Sektor Rumah Tangga Produsen(Business Sector)

Sektor ini sangat berkaitan erat dengan sektor rumah tangga konsumen, pemerintah, dan luar negeri karena tanpa sektor-sektor ini kegiatan produksi dari perasahaan tidak akan berguna sama sekali.

c. Sektor Pemerintah (Goverment Sector)

Sektor pemerintah memiliki kewenangan politik untuk mengatur kegiatan masyarakat dan perusahaan. Fungsi utama pemerintah adalah menyediakan barang publik, Untuk menjalankan fungsinya, pemerintah melakukan pengeluaran berupa pembelian barang dan jasa dari sektor perusahaan dan pengeluaran-pengeluaran untuk sektor rumah tangga.

d. Sektor Luar Negeri (Foreign Sector)

Rumah Tangga Luar Negeri (RTLN) disebut juga sektor perekonomian dunia, ketika semua negara-negara di dunia melakukan kegiatan ekspor dan impor barang maupun jasa. Seperti halnya sektor-sektor ekonomi lainnya, sektor luar negeri juga sangat bergantung dengan sektor ekonomi lainnya. Sektor luar negeri berperan sebagai pengimpor dan pengekspor dari dan ke sektor rumah tangga konsumsi, perusahaan, dan pemerintah.

2. Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi

a. Rumah Tangga Konsumen

Dalam kegiatan ekonomi, konsumen pada dasamya berperan sebagai pelaku kegiatan konsumsi. Selain itu, konsumen juga dapat berperan sebagai produsen, yaitu produsen faJctor-falctor produksi. Lebih jelasnya, berikut merupakan peran riuriah tangga konsumen dalam kegiatan ekonomi.

Sebagai pembeli. Hal ini ditunjukkan dengan membeli dan menggmiakan barang dan jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen.

Sebagai penyedia (supplier). Selctor rumah tangga konsumen merupakan pemilik faktor-faktor produksi, seperti tanah, tenaga kerja dan modal, yang dibutuhkan untulcproses produksi barang dan jasa bagi perusahaan, pemerintah, maupun sektor luar negeri.

Sebagai pembayar pajak kepada pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung.

b. Rumah Tangga Produsen

Sebagai pelaku ekonomi, produsen atau perusahaan memiliki peranan yang penting dalam perekonomian, yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai mitra usaha pemerintah dalam pengelolaan dan penyediaan kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat.
  • Membantu dalam menggerakkan jalannya roda perekonomian nasional.
  • Menjadi sumber pendapatan negara melalui pajak yang dibayarkan perusahaan.
  • Membantu menciptakan dan membuka kesempatan kerja.

c. Rumah Tangga Pemerintah

Rumah tangga pemerintah meliputi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dalam menjalankan roda perekonomian, rumah tangga pemerintah tentimya memiliki peran yang tidak kalah penting dibanding RTK dan RTR Adapun peranan rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi meliputi hal-hal berikut.

  • Mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi
  • Meningkatkan kesempatan kerja
  • Mengendalikan tingkat harga dan inflasi
  • Dapat bertindak sebagai pembeli dan penyedia di pasar barang dan jasa
  • Menarik pajak langsung maupun pajak tidak langsung
  • Membangun fasilitas umum dari hasil pajak
  • Mendorong pemerataan pendapatan masyarakat.
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitasnya

d. Rumah Tangga Luar Negeri

Adapunperan dan fungsi rumah tangga luar negeri adalah melakukan kegiatan ekspor impor, pertukaran tenaga kerja, melakukan mvestasi ch dalam negeri, memberikan bantuan dan pinjaman luar negeri, membayar pajak langsung maupun pajak tidak langsung kepada pemerintah.

Semua pelaku kegiatan ekonomi hendaknya selalu bertindalc jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, responsif dan proaktif, serta peduli dalam melakukan kegiatan ekonominya. Dengan demikian, mampu menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi keliidupan masyarakat.

 

Sumber: https://sel.co.id/