PEMBAHASAN
Posted in: Otomotif

PEMBAHASAN

PEMBAHASAN

PEMBAHASAN

Fotokimia adalah salah satu cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan rekasi kimia yang dihasilkan oleh cahaya terutama radiasi ultraviolet (ultralembayung) dan juga dapat diartikan sebagai dua peristiwa yang berhubungan dengan efek kimia dari cahaya. Sedangkan fotokatalis adalah zat yang menggalakkan reaksi yang dikatalis cahaya (Mulyono, 2006: 255).

Percobaan fotokimia reduksi ion besi (III) bertujuan untuk memepelajari reaksi ion besi (III) secara fotokimia dan mempelajari pemanfaatannya untuk cetak biru. Prinsip dasar dari percobaan ini adalah reaksi reduksi ion besi (III) yang dipengaruh oleh cahaya. Prinsip kerjanya adalah pencampuran, perendaman, dan pengeringan. Percobaan pertama yang dilakukan adalah dengan membuat larutan campuran FeCl3, (NH4)2HPO4 dan H2C2O4 yang dilakukan dalam ruang gelap yang bertujuan untuk memperlamabat reaksi reduksi Fe3+ menjadi Fe2+ yang dapat berlangsung sangat cepat oleh pengaruh cahaya. Tujuan penggunaan FeClyaitu sebagai penyedian ion besi (III) yang akan direduksi oleh asam oksalat secara fotokimia. (NH4)2HPO4 berfungsi untuk memperlambat reaksi reduksi Fe3+ menjadi Fe2+. Sedangkan fungsi penambahan H2C2Oyaitu untuk mereduksi ion besi (III) menjadi ion besi (II) dan mempertahankannya agar tidak mengalami oksidasi kembali menjadi ion besi (III). Reaksi yang terjadi pada saat pencampuran FeCldan (NH4)2HPOyaitu:

FeCl3 + (NH4)2HPO4                   FePO4 + 2NH4Cl + HCl

Reaksiiniterjadisecaraspontan, sebab ion besilebihsukamenetapdalambentuk Fe3+ danmembentukikatan yang sangatstabildengan ion PO43-. Reaksi reduksi adalah suatu rekasi yang menyebabkan terjadiinya penurunan bilangan oksidasi, seperti yang terjadi pada reaksi ini, dimana besi yang semula memiliki tingkat oksidasi +3 menjadi +2 karena adanya penambahan asam oksalat. Adapun reaksinya:

                        2 FePO4 + H2C2O4                        2 FeC2O4 + 2 H3PO+ 2 CO2

Reduksi:          Fe3+  + e                Fe2+

Oksidasi :        C2O42-              2 CO2 + 2e

Reduksi  :        2 Fe3+  + 2 e                 2 Fe2+

Oksidasi :        C2O42-              2 CO2 + 2e

Redoks  :         2 Fe3+ + C2O42-                  2 Fe2+ + 2 CO2

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/xiaomi-mi-a1-dapat-fast-charging-di-android-oreo-beta/