Pengertian Pengawasan serta Fungsi dan Manfaatnya

Pengawasan

Pemantauan adalah proses untuk menekankan bahwa semua kegiatan dilaksanakan sesuai rencana. Selain itu, pemantauan dianggap sebagai cara sistematis untuk mengidentifikasi referensi pekerjaan dalam proses perencanaan sistem umpan balik informasi, referensi hasil kerja, dan memelihara serta menerapkan analisis. menunjukkan tindakan korektif yang diperlukan untuk memastikan sumber daya perusahaan / perusahaan Stone digunakan secara efektif dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi / perusahaan.

Dari definisi pemantauan di atas, jelas bahwa pemantauan ini pada dasarnya dilakukan untuk mendeteksi anomali perusahaan, penyalahgunaan, pemborosan, dan masalah lainnya dan kemudian meningkatkan dan mengatasi masalah tersebut. utas.

Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa pemantauan adalah kegiatan yang membandingkan hasil yang dilakukan dengan rencana yang disediakan. Oleh karena itu, pemantauan ini membutuhkan bahan referensi, kriteria, dan peralatan pengukuran untuk mencapai hasil.

Tentukan pemantauan menurut para ahli

Pengawasan

Menurut beberapa ahli berikut ini adalah definisi pemantauan:

1. Vinardi

Menurut Vinardi, pemantauan mencakup semua kegiatan manajemen untuk memastikan bahwa hasil yang dicapai konsisten dengan hasil proyek.

2. Sondang P. Xi’an

Menurut Sondang, pemantauan adalah proses mengawasi keseluruhan operasi organisasi dan memastikan bahwa semua tugas dilakukan sesuai dengan rencana yang ditentukan.

3. Victor M. Situmoran dan Jusuf Zuhir

Menurut Victor, pengawasan adalah proses menentukan sejauh mana pekerjaan dilakukan sesuai dengan semua jenis alokasi dan aturan serta tujuan.

4. Henry Fayol

Menurut Hendry Foyle, pemantauan adalah proses pengujian untuk menentukan apakah rencana, pedoman, dan peraturan yang berlaku sedang dilaksanakan. Selain itu, pemantauan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekurangan dan keseimbangan yang perlu segera diperbaiki untuk menghindari kesalahan serupa di masa mendatang.

5. George r. Terry

George R. Menurut Terry, pemantauan adalah upaya untuk mengevaluasi hasil ini dan mengukur hasilnya dan memastikan bahwa hasilnya konsisten dengan rencana yang ditetapkan.

Arti pengawasan

Berikut ini adalah arti dari pengawasan:

  • Pemantauan adalah proses pemantauan semua kegiatan organisasi.
  • Melalui pengawasan, kegiatan organisasi, baik yang direncanakan atau tidak.
  • Pemantauan adalah salah satu fungsi dan kemampuan manajer di berbagai tingkat manajemen dalam organisasi.
  • Pemantauan harus konsisten dan berkelanjutan sehingga pergerakan perusahaan diarahkan untuk mencapai tujuan yang efektif dan efektif.
  • Saat melakukan pemantauan, kriteria evaluasi diperlukan sebagai alat evaluasi untuk kegiatan pemantauan.

Mengenai masalah yang dibahas dalam proposal ini, tujuan Inspektorat Staf Kabupaten Pongkap adalah untuk mengawasi disiplin kerja Ombudsman dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari mereka. Tujuan dari pemantauan ini adalah untuk mengetahui apakah ia mematuhi peraturan yang berlaku.

Sumber : https://ruangguru.co/