Pengertian Estetika dan Unsur Estetika

Pengertian Estetika dan Unsur Estetika

Estetika merupakan tidak benar satu cabang ideologi yang mengatakan keindahan. Estetika ialah ilmu mengatakan bagaimana keindahan bisa terwujud, dan bagaimana agar bisa merasakan keindahan tersebut. Pembahasan lebih lanjut berkenaan estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang kadang dianggap sebagai penilaian pada pemikiran dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat bersama dengan filosofi seni.

Pengertian Estetika Menurut Para Ahli
1. Herbert read
Herbert Read mendefinisikan bahwa keindahan ialah total dan hubungan-hubungan wujud yang terdapat salah satu pemahaman inderawi kita. Pada umumnya orang beranggapan bahwa yang indah ialah seni atau bahwa seni merupakan selalu indah, dan bahwa yang tidak indah bukanlah seni. Pandangan semacam ini dapat menyusahkan penduduk di dalam menilai seni dikarenakan ini tidak harus selalu indah, menurut pendapat Herbert Read.

2. Bruce Allsop
Bruce Allsopp (1977) Estetika merupakan ilmu ilmu yang mempelajari proses-proses penikmatan dan ketetapan ketetapan di dalam menciptakan rasa kenyamanan.

3. J.W. Moris
(1985) Estetika dikenakan pada object yang memiliki nilai indah atau tidak indah. (sering diperukarkan bersama dengan seni/art). Estetika = Aesthetics Seni = Art.

4. Plato
Dalam teorinya Plato mengatakan bahwa watak yang indah adalah hukum yang indah.
5. Dra. Artini Kusmiati
Dalam buku Dra.Artini Kusmiati hal:5, mengatakan bahwa Estetika adalah situasi yang mengenai bersama dengan sensasi keindahan yang di rasakan seseorang, tapi rasa keindahan berikut baru dapat di rasakan apabila terjalin perpaduan yang harmonis dari elemen-elemen keindahan yang terdapat pada suatu objek.

Unsur Estetika
Unsur estetika sering kami kenal bersama dengan istilah keindahan. Keindahan merupakan nilai-nilai estetis yang disertai sebuah karya seni. Keindahan termasuk didefinisikan sebagai pengalaman estetis yang diperoleh saat seseorang sadar objek seni atau bisa pula dimengerti sebagai sebuah objek yang memiliki unsur keindahan.

Nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki prinsip: kesatuan (unity), kecocokan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast) agar menimbulkan
perasaan haru, nyaman, nikmat, bahagia, agung, ataupun rasa senang.

Sumber : https://www.lele.co.id/panduan-lengkap-7-cara-menanam-hidroponik-sederhana-di-pekarangan/