Posted in: Pendidikan

Pengertian Fakta,Konsep Generalisasi dan Teori dalam IPS

Pengertian Fakta,Konsep Generalisasi dan Teori dalam IPS

  1. Fakta

Fakta adalah kejadian atau suatu hal yang sifatnya berdiri sendiri yang berkaitan dengan manusia, misalnya banjir, tradisi budaya, dan orang yang memproklamasikan kemerdekaan. Di sekitar kita ada jutaan fakta.Fakta-fakta tersebut perlu diketahui dan dipahami sebagai bahan untuk melakukan analisis.

  1. Konsep

Konsep adalah suatu ide yang menggambarkan hubungan antara dua atau lebih fakta seperti konsep “kebutuhan manusia”, yang berkaitan dengan berbagai hal, misalnya pakaian, makanan, keselamatan, pendidikan, cinta, dan harga diri. Konsep juga dapat diartikan symbol atau ide yang diciptakan oleh siswa untuk memahami pengalaman yang terjadi berulangkali. Pemahaman suatu konsep tidak terlepas dari pengalaman dan latar belakang budaya yang dimiliki seseorang.

  1. Generalisasi

Generalisasi adalah suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena individual (khusus) menuju simpulan umum yang mengikat seutuh fenomena sejenis dengan fenomena individual yang diselidiki. Generalisasi dalam IPS merupakan hubungan antara dua atau lebih konsep misalnya hubungan antara konsep “uang” kebutuhan dan keinginan. Ketiga konsep tersebut dihubungkan untuk menggeneralisasi bahwa “kita menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan dan kegiatan” generalisasi tersebut juga menunjukkan hubungan sebab-akibat dan ide abstrak.

Adapun  Jenis-jenis Generalisasi yaitu :

  1. Generalisasi sempurna, yakni generalisasi yang menempatkan seluruh fenomena yang menjadi dasar penyimpulan diselidiki.

Contoh,  setelah kita memperhatikan jumlah hari pada setiap bulan pada tahun Masehi kemudian menyimpulkan bahwa: Semua bulan Masehi mempunyai hari tidak lebih dari 31 hari. Dalam penyimpulan ini, keseluruhan fenomena, yaitu jumlah hari pada setiap bulan, kita selidikit tanpa ada yang kita tinggalkan.

  1. Generalisasi tidak sempurna, yakni generalisasi berdasarkan sebagian fenomena yang dilakukan untuk mendapatkan simpulan yang berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diselidiki.

Contoh, setelah kita menyelidiki sebagian bangsa Indonesia kita menemukan bahwa mereka adalah manusia yang suka bergotong-royong.Atas dasar temuan ini, kita menyimpulkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang suka bergotong-royong.

  1. Teori

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan menentukan antar variabel.

Kata teori memiliki arti yang berbeda beda bidang-bidang yang berbeda pula tergantung pada metodologi dan konteks diskusi. Secara umum, teori merupakananalisis hubungan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain pada sekumpulan fakta-fakta.