Pengertian Geotube dan Kelebihan
Posted in: Pendidikan

Pengertian Geotube dan Kelebihan

Pengertian Geotube dan Kelebihan

Pengertian Geotube dan Kelebihan

Geotube merupakan

salah satu contoh dari pemanfaatan sifat fleksibel geotekstil. Selain geotube terdapat pula pemodelan lain yang hampir menyerupai namun mempunyai fungsi yang agak berbeda, yaitu : geobag dan geocontainer. Pemakaian istilah geotube, bag dan container sangat variatif, tetapi pada dasarnya sama yaitu geotekstil yang diisi dengan bahan alamiah. Beberapa istilah yang mungkin sering ditemukan seperti sand / concrete sausages, sand sock, sand bag, sand pillow, Bolsaroca ( sand filled bag ), Bolsacreto ( concrete filled ), Colchacreto ( mortal filled ), dan masih banyak istilah lain yang digunakan.
Nama geotube, bag dan container sendiri merupakan nama yang diambil dari produk Nicolon GeoProduct Division ( 1994 ), yang kemudian menjadi istilah umum di kalangan teknik. Oleh Liu dan Silvester ( 1977 ), geotube didefinisikan sebagai lembaran – lembaran geotekstil yang dilem, dipanaskan maupun dijahit pada sisi – sisinya sehingga menjadi berbentuk tabung yang kemudian diisi penuh dengan campuran ( slurry ). Ukuran tube juga sangat bervariasi dengan panjang berkisar antara 10 – 150 meter dan diameter rata – rata 1 – 3 meter dalam kondisi bulat sempurna. Instalasi dapat dilakukan di daerah kering maupun pada kedalaman air hingga 5 meter.

Geocontainer mempunyai ukuran diameter yang lebih besar, umumnya disesuaikan dengan ukuran kapal hooper. Pasir diisikan ke dalam container yg dilapisi geotekstil kemudian dijahit. Geocontainer dijatuhkan ke dasar laut dengan hooper . Penggunaan geocontainer umumnya untuk kedalaman air > 5 meter . Geobag adalah pemodelan geotube dengan ukuran yang lebih kecil, umumnya diisi di tempat yang kering kemudian geobag diangkut ke lokasi konstruksi maupun dijatuhkan ke air ( geobag dapat digunakan pada kedalaman air yang cukup tinggi ).


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/