Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

pengertian globalisasi menurut para ahli

Memahami globalisasi adalah

Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Secara umum, istilah globalisasi adalah proses integrasi internasional yang dihasilkan dari pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk dan berbagai aspek budaya lainnya.

Secara etimologis, kata globalisasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu globalisasi, yang berarti universal atau komprehensif. Menambahkan penambahan “isasi” ke kata “globalisasi” berarti proses di seluruh dunia. Jadi makna globalisasi adalah proses sesuatu (informasi, pemikiran, gaya hidup dan teknologi) yang bersifat global.

Proses globalisasi dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk: teknologi internet, telekomunikasi dan infrastruktur transportasi, pertukaran pelajar dan lainnya. Secara umum, globalisasi dikaitkan dengan perubahan umum dalam ekonomi, industri, gaya hidup, dan aspek kehidupan lainnya.

Memahami globalisasi menurut pendapat para ahli

Untuk lebih memahami apa arti globalisasi, kita dapat merujuk pada pendapat para pakar berikut:

1. Anthony Giddens
Menurut Anthony Giddens, istilah globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial global sehingga peristiwa di satu tempat terkait dengan yang lain dan perubahan di keduanya.

2. Laurence E. Rothernberg
Menurut Laurence E. Rothernberg, gagasan globalisasi semakin cepat melalui intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, bisnis dan pemerintah dari berbagai negara.

3. Emanuel Ritcher
Menurut Emanuel Ritcher, pentingnya globalisasi adalah jaringan global yang pada saat yang sama menyatukan komunitas yang sebelumnya menyebar menjadi terisolasi dalam kesalingtergantungan dan persatuan dunia.

4. Martin Albrow
Menurut Martin Albrow, istilah globalisasi adalah keseluruhan proses populasi, terkait dengan komunitas global tunggal, komunitas global.

5. Perairan Malcom
Menurut Malcom Waters, konsep globalisasi adalah proses sosial yang menyebabkan kendala geografis pada kondisi sosiokultural berkurang, terwujud dalam kesadaran manusia.

6. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan, konsep globalisasi adalah proses yang mencakup sebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

7. Selo Soemardjan
Menurut Selo Soemardjan, konsep globalisasi adalah proses pembentukan sistem organisasi dan komunikasi antara orang-orang di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan aturan tertentu.

8. Achmad Suparman
Menurut Achmad Suparman, konsep globalisasi adalah proses yang menjadikan sesuatu atau perilaku menjadi ciri setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh suatu wilayah.

Teori globalisasi

Beberapa ahli menjelaskan teori mereka tentang munculnya globalisasi. Di antara tokoh-tokoh terkenal yang mengadvokasi teori globalisasi adalah Cochrane dan Pain, yang menyatakan bahwa globalisasi dipengaruhi oleh tiga pemain utama, yaitu:

  • Globalis, mereka yang percaya bahwa globalisasi adalah kenyataan yang merupakan konsekuensi nyata dari bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia bekerja.
  • Tradisionalis, mereka yang tidak percaya bahwa globalisasi sedang terjadi dan menganggapnya sebagai mitos atau sesuatu yang dibesar-besarkan.
  • Transformalis, mereka yang berada di tengah-tengah globalis dan tradisionalis. Mereka percaya bahwa globalisasi sedang terjadi tetapi menganggap pengaruh globalisasi terlalu dibesar-besarkan.

Seorang pakar bernama George Ritzer juga mempresentasikan teori globalisasi. Era globalisasi ditandai oleh inovasi komunikasi, menurut George Ritzer. Contohnya adalah penemuan televisi dan telepon, yang menarik perhatian masyarakat dunia terhadapnya.

Referensi : ilmubelajar.com

Baca Juga :