PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA
Posted in: Pendidikan

PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA

PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA

PENGERTIAN HAK ASASI MANUSIA

Setiap manusia yang lahir kedunia ini harus mampu untuk mempelajari apa itu hak asasi manusia dan selalu mengamalkannya. Hak asasi manusia merupakan nilai moral maupun norma-norma yang berkaitan dengan perilkau manusia dan juga perlindungan hukum baik secara nasional dan internasional.

Pada umumnya, Hak ini bersifat mutlak dan juga berlaku di seluruh dunia dengan tidak membedakan SARA. Hak ini juga bersifat mengikat kepada setiap manusia untuk saling menghargai dan menghormati hak asasi manusia lainnya.

Tidak boleh ada pelanggaran terhadap HAM ini yang boleh dibiarkan terjadi. Apabila melanggar HAM, orang atau sekelompok orang yang melakukan hal tersebut harus ditindak secara hukum. Pelanggaran tersebut dapat berdampak pada pencekalan dengan dipenjara, disiksa, dan juga dieksekusi.

CARA PENCEGAHAN HAM

Pelanggaran terhadap HAM dapat terjadi dimana saja. Bahkan dalam lingkup keluarga juga dapat mengalami hal ini. Setelah itu, kasus berikutnya juga kerap terjadi di lingkungan sekolah. Hanya saja dampak yang akan paling terasa adalah saat pelanggaran HAM tersebut terjadi dalam lingkup masyarakat baik regional, nasional, maupun internasional.

Maka dari itu, pendidikan mengenai moral akan kemanusiaan sangat perlu dilakukan sejak dini oleh para orang tua. Mendidik moral harus dilakukan sejak dini dan dalam jangka waktu yang lama, sehingga jiwa kemanusiaan akan tertanam dengan kuat dan menjadi watak.


Baca Juga :