Pengertian Ilmu Geografi Menurut Ahli

Menjadi salah satu cabang ilmu pengetahuan yang paling banyak dipelajari di dunia, geografi cukup menarik dan juga sangat menarik karena mempelajari di Bumi (baca: struktur lapisan terestrial). Karena geografi sangat penting untuk dipelajari, maka dipelajari oleh banyak ilmuwan. Menurut para ahli atau ilmuwan ini, geografi memiliki berbagai arti, meskipun esensinya selalu sama. Maka dari ini kita akan mengetahui dulu pemberian geografi menurut ilmuwan atau pakar. Di bawah ini adalah beberapa definisi geografi menurut para ahli.

Pengertian Ilmu Geografi Menurut Ahli

Lobeck
Menurut Lobeck pada tahun 1939 yang dimaksud dengan geografi adalah studi atau ilmu yang membahas hubungan yang ada antara kehidupan dan lingkungan fisik (baca: fungsi lingkungan).

Eratosthenes
Eratosthenes adalah seorang ilmuwan yang hidup di abad pertama atau di AD pertama. Dalam pandangannya tentang geografi, thisostostes memiliki pendapat sendiri tentang pemeriksaan geografi. menurut Eratosthenes, geografi berasal dari kata “geografi”. Geograpica menurut Eratostene, geografi adalah tulisan atau representasi dari bentuk bumi.

Claudio Tolomeo
Ilmuwan yang namanya dikenal dari dunia, adalah Claudio Tolomeo. Bahkan ilmuwan dunia ini telah membantu memberikan pemahaman tentang geografi. Menurut Claudius Ptolemy, geografi adalah presentasi melalui peta ekstrak sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Immanuel Kant
Immanuel Kant adalah ilmuwan terkenal di dunia. Immanuel Kant juga menyatakan pendapatnya tentang gagasan geografi. Menurut Immanuel Kant, geografi adalah ilmu yang objek penelitiannya adalah benda, benda atau gejala yang menyebar di wilayah di permukaan bumi (baca: bumi datar atau bundar).

Halford Mackinder
Menurut Mackinder, geografi adalah ilmu yang memiliki fungsi utama menyelidiki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda berdasarkan posisi mereka.

Hartshorne
Pada tahun 1960, Hartshorne mengembangkan klasifikasi geografi, ilmu yang menarik dalam memberikan deskripsi yang hati-hati, teratur, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi (baca: kerak bumi).

Ullman
Ullman, seorang ilmuwan yang pada tahun 1954 menyatakan pemahaman tentang geografi. Menurut Ullman, geografi adalah interaksi antar ruang. Pemahaman ini sangat signifikan tetapi menyatakan bahwa apa yang disebut geografi terkait dengan ruang di permukaan bumi.

Alexander Von Humboldt
Menurut seorang ilmuwan bernama Alexander Von Humboldt, geografi adalah studi yang mempelajari efek lingkungan alami pada manusia. Menurut Alexander Von Humboldt, geografi terkait dengan alam dan juga dengan makhluk hidup yang menghuninya.

Strabo
Yang berikutnya adalah Strabo. Pada tahun 1970 Strabo mengungkapkan pemahaman tentang geografi. Menurut Strabo, geografi adalah sesuatu atau bidang yang terkait erat dengan faktor lokalisasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar daerah secara keseluruhan. Pendapat Strabone ini telah dikembangkan lebih lanjut dan dikenal sebagai konsep atribut alami tempat itu.

Karl Ritter
Menurut Karl Ritter, geografi adalah studi tentang Bumi sebagai tempat untuk kehidupan manusia. Hal-hal yang menjadi subjek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan bumi (baca: fenomena alam yang menakjubkan di dunia), baik organik maupun non-organik terkait dengan kehidupan manusia.

Ekblaw dan Mulkerne
Lalu ada ilmuwan dari Ekblaw dan Mulkerne. Menurut kedua ilmuwan ini, geografi adalah ilmu yang mempelajari Bumi dan kehidupannya, yang memengaruhi visi kehidupan kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita hubungkan, dan tempat-tempat di mana kita menikmati rekreasi. Pendapat Ekblaw dan Mulkerne lebih luas dan meluas ke kehidupan sosial masyarakat.

Elsworth Huntington
Menurut ilmuwan Elsworth Huntington, geografi adalah studi tentang fenomena permukaan bumi dan penghuninya. Elsworth juga menjelaskan bahwa ada hubungan timbal balik antara gejala dan juga sifat-sifat permukaan bumi dengan penghuninya.

Paul Vidal de La Blance
Apalagi masih dengan ilmuwan dari luar negeri. Dia adalah Paul Vidal de La Blance. Menurut Paul Vidal de La Blance, geografi adalah studi tentang kualitas negara, di mana penentuan kehidupan tergantung pada bagaimana manusia mengelola alam.

Friederich Ratzel
Ilmuwan Friederich Ratzel mengungkapkan pendapatnya tentang gagasan geografi. Menurut Friederich Ratzel, geografi terkait dengan teritorialitas di permukaan bumi. Pendapat Ratzel tentang geografi terkandung dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep yang dikemukakan oleh Ratzel diberi nama Lebensraum yang berarti wilayah geografis sebagai sarana untuk pengembangan organisme. mengamati geografi, Ratzel melihat bahwa suatu negara cenderung memperluas Leben

Sumber : https://santinorice.com/