Pengertian, klasifikasi dan jenis Moluska

Pengertian Moluska

Istilah “moluska” berasal dari bahasa Latin moluska yang berarti lunak. Oleh karena itu, moluska adalah kelompok invertebrata, dengan atau tanpa badan multisel yang lunak dan apakah mereka dilindungi cangkang. Moluska adalah gerbang terbesar kedua dari Kerajaan Hewan (Kingdom Animalia) di sebelah arthropoda.

Ada 100.000 anggota molluskidae, di mana 35.000 tersebar luas. Ukuran tubuh moluska sangat bervariasi. Moluska dapat ditemukan di air laut, air tawar, air payau, atau tanah. Habitat moluska yang paling dominan adalah lembah-lembah benua laut, gunung-gunung tinggi, yang bahkan dapat ditemukan di sekitar lingkungan tempat kita hidup. Studi tentang moluska disebut makalogry, bidang zoologi.

Ciri Morska

Berikut ini adalah fitur moluska.

  • Hewan multisel vertebrata (dengan banyak sel).
    Air dan adat istiadat
    Struktur tubuh simetris (jika Anda memotong garis potong dan membagi tubuh dari depan ke belakang, ada dua sisi yang sama).
    Hewan pembiakan seksual
    Hewan Hemaphrodito (dengan satu alat kelamin jantan dan dua betina).
    Hewan ceromata triblastic (tidak ada rongga antara saluran pencernaan dan dinding tubuh).
    Tubuh terdiri dari kaki, massa visceral, dan tulang.
    Ada sistem saraf dalam bentuk cincin saraf.
    Memiliki radiara (lidah bergigi) untuk membantu menghancurkan makanan.
    Organ ekskretoris adalah nefritis. Dan
    Penyakit distrofi hidup (Anda tidak bisa membuat makanan sendiri).

Struktur tubuh morska

Struktur tubuh moluska terdiri dari tiga bagian utama.

1. kaki

Kaki adalah perpanjangan dari sisi perut otot-otot tubuh yang berfungsi seperti bergerak, merangkak, atau menggali. Dalam beberapa jenis moluska, cakar diubah menjadi tentakel yang membantu menangkap mangsa.

Massa visceral

Massa visceral adalah bagian lunak tubuh tempat organ-organ tubuh menempel. Organ-organ ini dapat berupa sistem pencernaan, ekskresi dan reproduksi. Massa visceral ini terbungkus dalam jaringan tebal, mantel.

3. Lambang

Mantel adalah bagian yang membungkus dan melindungi massa visceral. Mantel membentuk rongga yang disebut mantel / rongga cairan. Rongga ini adalah tempat untuk insang, anus dan cairan buangan. Selanjutnya, mantel dapat mengeluarkan konstituen yang membentuk cangkang.

D. Klasifikasi Morska

Filum Mollusca dibagi menjadi lima kelas berdasarkan bentuk, posisi kaki, kulit, bulu dan sistem saraf.

1) Kelas Amphineura / Polyplacophora

Amphineura adalah jenis moluska berbentuk oval, simetris berbentuk oval, yang mulutnya berada di kepala atau depan, dan lidah memiliki struktur parut (Ranula), sehingga tidak dapat direproduksi dengan benar, dan anus posterior Terletak di Kemudian , hewan ini memiliki kaki berbentuk rata, tidak memiliki tentakel dan mata. Tubuhnya memiliki delapan cangkang yang disusun seperti atap.

Kerang bekerja dari kapur. Habitat untuk hewan-hewan ini adalah di laut, dan mereka biasanya menempel pada batu dan bernapas menggunakan insang. Sistem pencernaan dimulai di mulut dan berakhir di anus. Kelas moluska ini memiliki sekitar 700 spesies dan menghasilkan larva dari hasil pembuahan seksual yang disebut trafoko. Contoh: spesies anak kucing.

Sumber : https://materibelajar.co.id/