Pengertian Konsumsi, Tujuan Konsumsi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Konsumsi, Tujuan Konsumsi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Selamat datang di Itms, disini akan membahas materi tentang apa itu Konsumsi. Berikut dibawah ini penjelasanya:

Pengertian Konsumsi, Tujuan Konsumsi dan Faktor yang Mempengaruhinya

a. Pengertian Konsumsi

Pengertian Konsumsi, Tujuan Konsumsi dan Faktor yang Mempengaruhinya – Konsumsi merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian selain produksi dan distribusi. Kehidupan manusia tidak akan terlepas dari konsumsi. Dalam kehidupan sehari-hari konsumsi sering diartikan sebagai kegiatan memakai, menggunakan, atau memanfaatkan barang atau jasa. Jika kegiatannya dinamakan konsumsi, pelakunya disebut konsumen. Konsumen adalah orang atau lembaga yang melakukan konsumsi, yaitu memakai atau memanfaatkan barang dan jasa untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Berdasarkan asal-usul kata (etimologis), kata konsumsi berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata consumption, yang berarti menggerogoti atau nienghabiskan. Adapun menurut istilah konsumsi diartikan sebagai kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna (utility) barang atau jasa. Misalnya, penumpang kereta api, penumpang pesawat terbang, makan kacang, menggunakan sepatu, dan belajar di sekolah.

b. Tujuan Konsumsi

Tujuan konsumsi pada dasarnya dilalcukan dalam rangka untuk memenuhikebutuhan. Adapun tujuan kegiatan konsumsi dapat digolongkan menjadi empat, yaitu:

1) mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap;

2) menghabiskan nilai guna barang dan jasa sekaligus;

3) memuaskan atau bermanfaat untuk kebutuhan fisik;

4) memuaskan atau bermanfaat untuk kebutuhan rohani.

c. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumsi

Faktor yang memengaruhi tingkat konsumsi, yaitu sebagai berikut.

1) Tingkat Pendapatan

Makin tinggi tingkat pendapatan suatu rumah tangga, akan semakin tinggi tingkat konsumsinya. Sebaliknya, jika pendapatannya kecil, konsumsinya pun kecil.

2) Tingkat Harga

Banyak sedikitnya barang yang akan dikonsumsi sangat bergantung pada harga. Dengan kata lain, konsumsi dikurangi pada waku harga tinggi dan konsumsi dapat ditingkatkan jika harga lebih rendah.

3) Sikap dan Gaya Hidup

Sikap dan gaya hidup seseorang sangat memengaruhi tingkat konsumsi. jika sikap dan gaya hidupnya boros, ia cenderung berperilaku konsumtif, yaitu kebiasaan untuk membelanjakan semua uang untuk membeli barang, padahal barang tersebut belum tentu bermanfaat.

4) Adat Istiadat

Adat istiadat juga dapat memengaruhi konsumsi. Misalnya, untuk upacara tradisional diperlukan barang-barang tertentu.

5) Model Barang

Model barang yang sedangtren dapat memengaruhi perilaku masyarakat dalam konsumsi.

6) Kegiatan Berkompentisi dengan Konsumen Lain

Barang substitusi jika seorang konsumen memiliki hasrat atau keinginan berkompetisi dengan konsumen lainnya, biasanya tingkat konsumsinya akan besar. Artinya, konsumen yang dilakukan bukan berdasarkan sekala prioritas kebutuhan, melainkan menurut konsumen lain.

7) Selera Konsumen  N

Selera konsumen setiap orang berbeda-bfeda. Orang Jawa dengan orang Sunda memiliki selera yang berbeda dalam hal makanan. Adanya perbedaan selera jelas akan memengaruhi konsumsi masyarakat terhadap barang dan jasa.

 

Baca Artikel Lainnya: