Pengertian Sejarah
Posted in: Pendidikan

   Pengertian Sejarah

   Pengertian Sejarah

Secara emitologi, kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu syajaratun yang artinya pohon Kata ini berhubungan dengan silsilah raja-raja dan dinasti yang menjadi elemen utama dalam kisah sejarah pada masa awal. Di dalam kata sejarah tersimpan makna pertumbuhan atau istilah.

   Pengertian Sejarah

Untuk lebih memahami secara lebih mendalam, mari kita simak pengertian sejarah di negara lain. Perkataan sejarah dalam bahasa Belanda ialah geschiedenis (dari kata geschieden= terjadi). Sedangkan dalam bahasa Yunani historia yang artinya apa yang diketahui dari hasil penyelidikan atau ilmu. Sejarah berarti peristiwa yang terjadi dalam manusia di masa lampau.

Beberapa definisi sejarah yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain sebagai berikut :

  1. Moh. Yamin, SH, sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.
  2. Herodotus (Bapak Sejarah), sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.
  3. Kuntowijoyo, sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis (karena sejarah memanjang dalam waktu), ideografis (karena sejarah bersifat menggambarkan, memaparkan, dan menceritakan sesuatu), unik (karena sejarah melakukan penelitian tentang hal-hal yang unik dan secara khas hanya berlaku pada suatu tempat dan waktu tertentu), dan empiris (sejarah berstandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh).
  1. Sejarah sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu, dan Seni.

  2. Sejarah sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa merupakan sejarah sebagaimana mestinya terjadi (histoire realite) dan merupakan hasil tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu pada masa lampau yang dilakukan di tempat tertentu. Suatu peristiwa dikatakan sebagai sejarah bila peristiwa itu dapat dikaitkan dengan peristiwa lain sebagai bagian proses dalam suatu konteks historis yang terdapat sebab-akibat.

Contoh sejarah sebagai peristiwa:

Pergerakan nasional di Indonesia lahir pada awal abad ke 20 karena pada masa itu muncul kesadaran kebangsaan dikalangan kaum pelajar Indonesia. Hubungan sebab-akibat itu merupakan suatu dinamika menuju perubahan sebagai suatu hakikat sejarah. Sejarah merupakan rangkaian peristiwa dalam kehidupan yang tersusunsecara berurutan. Bersifat unik, karena hanya terjadi sekali dan tidakterulang persis sama, abadi, tetap menjadi kenangan dan penting,karena dapat menjadi momentum

sumber :

Teeny Titans – Teen Titans Go! 1.2.1 Apk + Mod