Pengertian Sumber Sejarah
Posted in: Pendidikan, Umum

Pengertian Sumber Sejarah

Pengertian Sumber Sejarah

Sumber sejarah adalah bahan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang peristiwa yang terjadi pada masa lampau .

Pengertian Sumber Sejarah

 Menurut Beberapa Para Ahli: Moh Ali Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah Indonesia sejak zaman Purba sampai  Zidi Gozalba atau sekarang.

Sumber sejarah adalah warisan yang berbentuk lisan, tertulis, dan visual.

Macam-Macam Sumber

  • Sumber Tertulis
  • Sumber Lisan

Sumber tertulis adalah sumber sejarah yang diperoleh dari Sumber Tertulis melalui peninggalan-peninggalan tertulis, catatan peristiwa yang  misalnya prasasti, dokumen, naskah, piagam, yang terjadi di masa lampau babad,  Sumber tertulis berupa surat kabar, tambo (catatan tahunan dari Cina) dibedakan menjadi dua, yaitu sumber primer (dokumen) dan sumber sekunder (buku  Dilihat dari segi bentuknya, sumber perpustakaan). tertulis dapat berbentuk tulisan yang tercetak dan tulisan yang masih ditulis tangan atau manuskrip.

 Sumber Lisan merupakan cara pengumpulan data yang dilakukan dengan cara metode  Sumber lisan berfungsi sebagai pelengkap sumber sejarah lisan. tertulis belum memadai. Sumber lisan memiliki keterbatasan-keterbatasan dibanding dengan  Cara yang dilakukanžsumber tertulis atau artefak. untuk memperoleh sumber lisan, yaitu dengan melakukan wawancara.

Kelebihan dari penelitian sejarah lisan :

  1. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan adanya komunikasidari dua arah (antara peneliti dengan tokoh) sehingga jika ada halyang kurang jelas bisa langsung ditanyakan pada nara sumber.
  2. Penulisan sejarah menjadi lebih demokratis (terbuka) karenamemungkinkan sejarawan untuk mencari informasi dari semuagolongan masyarakat (baik rakyat biasa sampai pejabat)
  3. Melengkapi kekurangan data atau informasi yang belum termuatdalam sumber tertulis atau dokumen.Kekurangan dari Sejarah Lisan
  4. Keterbatasan daya ingat seorang pelaku/saksi sejarah terhadapsuatu peristiwa.
  5. Memiliki subjektifitas yang tinggi dikarenakan sudut pandangyang berbeda dari masing-masing pelaku dan saksi terhadapsebuah peristiwa. Sehingga mereka akan cenderungmemperberbesar peranannya dan menutupi kekurangannya.

. Sumber Benda

  • Sumber benda adalah sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan• misalnya, alat-alat atau benda budaya, seperti kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, dan patung.

Sumber Rekaman

  • Sumber rekaman dapat berupa rekaman kaset audio dan rekaman kaset video. Banyak peristiwa sejarah yang dapat terekam, misalnya Masa Pendudukan Jepang, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Perang Kemerdekaan dan sebagainya.

Sumber Lain Sejarah

  • Sumber Primer Bukti primer adalah kesaksian dari seorang saksi yang melihat peristiwa bersejarah dengan mata kepala sendiri atau saksi dengan menggunakan panca indera lain atau dengan alat mekanis yang hadir pada peristiwa itu (saksi pandangan mata, misalnya kamera, mesin ketik, alat tulis, kertas. bukti primer haruslah sezaman dengan peristiwa yang dikisahkan.
  •  Sumber Sekunder Bukti sekunder adalah kesaksian dari siapa pun yang bukan merupakan saksi pandangan mata, yaitu seseorang yang tidak hadir pada peristiwa yang dikisahkan . misalnya hasil liputan koran dapat menjadi bukti sekunder karena koran tidak hadir langsung pada suatu peristiwa. peliputnya (wartawan) yang hadir pada peristiwa itu terjadi.

sumber :

https://multiply.co.id/fashion-empire-apk/