Posted in: Kesehatan

Pengertian Termometer

Pengertian Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti bahang dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa.

Jenis – Jenis  Termometer

  1. Thermometer menurut isinya dibagi menjadi :
  2. a)termometer cair
  3. b)termometer padat
  4. c)termometer digital
  5. Thermometer berdasarkan penggunaannya :
  6. a)termometer klinis

Termometer ini khusus digunakan untuk mendiaknosa penyakit dan bisanya diisi dengan raksa atau alkhohol. Termometer ini mempunyai lekukan sempit diatas wadahnya yang berfungsi untuk menjaga supaya suhu yang ditunjukkan setelah pengukuran tidak berubah setelah termometer diangkat dari badan pasien. Skala pada termometer ini antara 35°C sampai 42°C.

  1. b)termometer laboratorium

Termometer ini menggunakan cairan raksa atau alkhohol. Jika cairan bertambah panas maka raksa atau alkhohol akan memuai sehingga skala nya bertambah. Agar termometer sensitif terhadap suhu maka ukuran pipa harus dibuat kecil (pipa kapiler) dan agar peka terhadap perubahan suhu maka dinding termometer (reservoir) dibuat setipis mungkin dan bila memungkinkan dibuat dari bahan yang konduktor.

  1. c)thermometer ruangan

Termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu pada sebuah ruangan. Pada dasarnya termometer ini sama dengan termometer yang lain hanya saja skalanya yang berbeda. Skala termometer ini antara -50°C sampai 50°C .

  1. d)thermometer digital

Karena perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer digital yang prinsip kerjanya sama dengan termometer yang lainnya yaitu pemuaian. Pada termometer digital menggunakan logam sebagai sensor suhunya yang kemudian memuai dan pemuaiannya ini diterjemahkan oleh rangkaian elektronik dan ditampilkan dalam bentuk angka yang langsung bisa dibaca.

  1. e)Termokpel

Merupakan termometer yang menggunakan bahan bimetal sebagai alat pokoknya. Ketika terkena panas maka bimetal akan bengkok ke arah yang koefesiennya lebih kecil. Pemuaian ini kemudian dihubungkan dengan jarum dan menunjukkan angka tertentu. Angka yang ditunjukkan jarum ini menunjukkan suhu benda

  1. Cara Mengukur suhu tubuh dengan thermometer

Ada 3 cara untuk mengukur suhu tubuh, yaitu: melalui dubur, mulut dan di bawah ketiak. Yang perlu diingat adalah suhu yang diukur melalui dubur lebih tinggi 0,5 derajat celcius dibandingkan suhu yang diukur melalui mulut. Suhu yang diukur di bawah ketiak lebih rendah 0,5 derajat celcius dibandingkan suhu yang diukur melalui mulut. Cara yang mana saja dapat digunakan sesuai situasi dan kondisi yang mungkin. Yang penting saat berkonsultasi dengan dokter jangan lupa disebutkan bagaimana cara mengukur suhu tubuhnya.

  1. a)Langkah-langkah untuk mengukur suhu tubuh melalui dubur (untuk bayi):
  2. beri jeli atau pelumas pada ujung thermometer
  3. baringkan bayi dalam posisi tengkurap
  4. masukkan ujung termometer ke dalam dubur bayi kurang lebih sedalam 3,5 cm
  5. diamkan selama 3 menit, bayi tetap dalam posisi tengkurap
  6. keluarkan termometer dari dubur bayi dan bacalah hasilnya
  7. b)Langkah-langkah untuk mengukur suhu tubuh melalui mulut:
  8. letakkan ujung termometer di bawah lidah
  9. tutup mulut selama 3 menit
  10. keluarkan termometer dari mulut dan bacalah hasilnya
  11. c)Langkah-langkah untuk mengukur suhu tubuh di bawah ketiak:
  12. letakkan termometer di bawah ketiak dengan posisi lengan ke arah bawah
  13. silangkan lengan di depan dada
  14. tunggu sekitar 5 menit
  15. keluarkan dan baca hasilnya

Sumber: https://newsinfilm.com/