Perbedaan Setiap Iklan pada Bisnis
Posted in: Pendidikan

Perbedaan Setiap Iklan pada Bisnis

Perbedaan Setiap Iklan pada Bisnis

Perbedaan Setiap Iklan pada Bisnis

1. Periklanan Barang (Product Advertising) 

a. Primary Demand Advertising
Merupakan periklanan yang berusaha mendorong permintaan untuk suatu jenis produk secara keseluruhan tanpa menyebutkan merek atau nama produsennya. Periklanan seperti ini biasanya dilakukan oleh gabungan pengusaha atau asosiasi perdagangan.
b. Selective Demand Advertising
Hampir sama dengan primary demand advertising hanya bedanya dalam selective demand advertising disebutkam merek dagang yang ditawarkan, periklanan produk ini juga dapat dikelompokkan kedalam :
• Periklanan Langsung
Dalam periklanan langsung penjual menginginkan adanya tanggapan yang tepat terhadap iklannya ini dilakukan dengan menggunakan kupon yang harus dikirim kembali dengan cepat oleh pembaca, untuk memperoleh keterangan-keterangan yang lebih terperinci tentang produk yang diiklankan.
• Periklanan tidak Langsung
Dibuat untuk mendorong permintaan dalam periode waktu yang lebih lama. Iklan ini dibuat untuk menyatakan kepada konsumen bahwa produk tersebut ada dan menguntungkan.
2. Periklanan Kelembagaan 
Periklanan kelembagaan atau disebut juga corporate image advertising, dilakukan untuk menimbulkan rasa simpati terhadap penjualan dan ditujukan untuk menciptakan goodwill kepada perusahaan. Periklanan kelembagaan ini dapat dibagi menjadi 3 golongan, yaitu :
1) Patronage institusional advertising
Dalam periklanan ini penjual berusaha memikat konsumen dengan menyatakan suatu motif membeli pada penjual tersebut dan bukannya motif membeli produk tertentu.
2) Public relations institusional advertising
Disini periklanan dipakai untuk membuat pengertian yang baik tentang perusahaan kepada karyawan, pemilik perusahaan atau masyarakat umum.
3) Public service institusional advertising
Periklanan ini menggambarkan tentang suatu dorongan kepada masyarakat untuk melakukan hal-hal yang dianjurkan oleh iklan yang ditayangkan. Misalnya : register kartu prabayar, melaporkan jika ada kekerasan rumah tangga, dsb.
3. Periklanan pasar 
Penggolongan periklanan yang lain adalah penggolongan yang didasarkan pada jenis atau sifat. Oleh karena itu, jenis periklanannya tergantung pada sasaran yang dituju, apakah konsumen perantara pedagang, atau pemakai industri. Jenis periklanan tersebuat adalah :
a. Consumer advertising, ditujukan kepada konsumen

b. Trade advertising, ditujukan kepada perantara pedagang terutama pengecer c. Industrial advertising, ditujukan kepada pemakai industri


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/