Peserta SBMPTN Berbasis Komputer Melonjak Drastis

Peserta SBMPTN Berbasis Komputer Melonjak Drastis

Peserta SBMPTN Berbasis Komputer Melonjak Drastis

Peserta SBMPTN Berbasis Komputer Melonjak Drastis
Peserta SBMPTN Berbasis Komputer Melonjak Drastis

Jumlah peserta Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

dengan Computer Based Test (CBT) naik sepuluh kali lipat. Dibanding tahun lalu dengan peserta SBMPTN dengan CBT hanya 3 ribu, tahun ini jumlahnya naik drastis yaitu 20.860 peserta.

Data final total peserta Ujian SBMPTN 2017 diikuti sebanyak 797.738 peserta terdiri dari peserta Paper Based Test (PBT) sebanyak 776.878 peserta dan Computer Based Test (CBT) sebanyak 20.860 peserta. Kesiapan perangkat komputer juga terkait dengan anggaran dan sumber daya.

“Kami monitor masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jumlah yang menggunakan komputer jauh lebih banyak dan siap tahun ini. Sebelumnya juga sudah latihan, tahun depan harapannya lebih siap lagi,” tegas Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Ainun Na’im, di Kampus Universitas Indonesia (UI), Selasa (16/5).

Secara psikologis, Ainun menilai mengikuti ujian dengan komputer jauh lebih tenang

dibanding tertulis. Rasa percaya diri juga meningkat dalam mengerjakan soal. Tahun ini adalah tahun kedua SBMPTN digelar dengan CBT.

“Saya tak tahu faktor pasti ya kenapa yang gunakan komputer, secara akademik hasilnya juga lebih bagus, mereka lebih percaya diri kerjakan soal,” tegas Ainun.

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Kelompok Ujian Sains

dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek). Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum). Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

“Masing-masing baik tertulis maupun komputer ada keunggulannya. Tentu yang sudah siap lebih efisien. Hasil ujian SBMPTN 2017 akan diumumkan pada hari Selasa, 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB,” tutupnya

 

Sumber :

https://jakarta.storeboard.com/blogs/education/definition-of-text-review-and-examples/965580