Posted in: Teknologi

Raih Penghargaan Kontes Robot

Raih Penghargaan Kontes Robot

Raih Penghargaan Kontes Robot

BANDUNG – Telkom University berhasil meraih empat penghargaan di ajang Kontes Robot Indonesia Regional II. Yaitu Juara 3 Robot Pemadam Api Berkaki, Juara 3 Robot Sepak Bola, Juara Harapan Robot Seni, dan Juara Harapan Robot ABU. Kompetisi tahunan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi berlangsung di Universitas Budi Luhur, Ciledug, Jakarta Selatan, 23-25 April 2015.

Di bawah bimbingan dosen Tel-U, Erwin Susanto, ST., MT., Phd, tim robot Arjuna berhasil berada di posisi juara 3 pada kategori KRPAI Berkaki. Tak hanya itu, tim yang terdiri lima mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2011 ini juga berhasil memperoleh predikat Strategi Terbaik dalam kompetisi ini. Kelima tim di antaranya Chandra Trinugroho, M.Hidayah Sidiq, Wahyu Nurdiansyah, Firman Ardiansyah, Fareza Rizky. Disampaikan Ketua tim Chandra Trinugroho, robot dirancang untuk dapat mencari titik api dan memadamkannya dengan menggunakan alat penggerak berupa kaki.

Juga di posisi juara 3 yakni robot Elpistolero pada kategori Kontes Robot Sepak Bola.

Tim terdiri dari lima mahasiswa Teknik Elektro Tel-U angkatan 2011 yakni Ali Akhmad Ghifari, Dhimas Prabudi W, Rifki Nugraha, Razi Jamil Fariz, dan Hanjara Cahya A dan di bawah bimbingan dosen Tel-U, Ramdhan Nugraha, S.Pd., MT.

Sedangkan untuk Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), kompetisi mengangkat tema

’’Robominton : Robot Pemain Bulu Tangkis”. Tema ini selaras dengan tema yang telah ditentukan oleh ABU Robocon 2015 yaitu ’’Robominton : Badminton Robo Games”. Pada kategori KRAI, Tel-U menjagokan 2 buah Robot Batminton yaitu Roobics, dan berhasil menduduki Juara Harapan. Tim terdiri dari mahasiswa tiga mahasiswa Teknik Telekomunikasi angkatan 2011 yakni Ikbal Agustian, Aldi Andika Pratama, Hendriadi Mukri; empat mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2011 yaitu Sepfrans Josua H, Dodhy Fernando G, Fussy Mentari D, dan Shafiyyah; serta mahasiswa Teknik Fisika M.Darfyma Putra. Dengan pembimbing Dosen Tel-U Kharisma Bani Adam,ST.,MT, I.G. Prasetya Dwi Wibawa,ST.,MT, dan Favian Dewanta,ST.,MT.

EIRRG atau Electronics And Intelligence Robotic Research Group Telkom

University memang tak pernah melewatkan Kontes Robot Indonesia setiap tahunnya. Menurut Ketua EIRRG sekaligus mahasiswa Sistem Komputer 2012, Aulian Miftahul Fathan, kontes kali ini Tel-U membuat 10 buah robot.

 

sumber :

https://rollingstone.co.id/seva-mobil-bekas/