SBY akan negerikan lima universitas di Aceh

SBY akan negerikan lima universitas di Aceh

SBY akan negerikan lima universitas di Aceh

SBY akan negerikan lima universitas di Aceh
SBY akan negerikan lima universitas di Aceh

Gubernur Aceh Zaini Abdullah berharap pemerintah pusat agar sejumlah universitas

dan perguruan tinggi yang ada di Aceh diubah statusnya menjadi negeri.

Harapan tersebut disampaikan langsung pada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) di Taman Ratu Safiatuddin, Lampriet, Banda Aceh.

Universitas dan perguruan tinggi yang diharapkan segera berstatus negeri tersebut diantaranya dua universitas di Aceh Barat yakni Universitas Teungku Umar dan Politeknik Indonesia-Venezuela.

Selain itu universitas Al Muslim Peusangan di Kabupaten Bireun, Universitas Gunung Lauser di Kuta Cane Kabupaten Aceh Tenggara, dan Universitas Gajah Putih di Takengon kabupaten Aceh Tengah.

“Kami berharap pemerintah pusat segera menegerikan lima universitas di Aceh

untuk peningkatan pendidikan di Aceh,” kata Zaini Abdullah dalam sambutan pembukaan PKA, Banda Aceh, Jumat (20/9/2013).

Menanggapi harapan pemerintah Aceh, presiden menyatakan pemerintah sangat mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan. Menurut SBY pada 30 Agustus lalu, dirinya bersama sejumlah menteri telah bertemu dengan Gubernur Aceh dan jajaran pemerintah membahas persoalan kekinian Aceh, termasuk usulan status negeri beberapa universitas di Aceh.

“Sampai saat ini saya sudah menyetujui penegerian STAIN Gajah Putih di Takengon tahun 2012, dan Universitas Samudera Langsa menjadi universitas negeri,” kata SBY. Presiden sudah mengeluarkan peraturan presiden untuk kedua universitas tersebut

Menurut SBY, IAIN Ar Ranirry dan Universitas Teuku Umar (UTU) juga akan menjadi univeristas negeri

, saat ini dalam proses finalisasi. Sementara Universitas Gunung Lauser di Aceh Tenggara dan Politeknik Indonesia-Venezuela juga dapat berubah status menjadi negeri.

“Menurut laporan menteri pendidikan dan kebudayaan secara prinsip bisa segera dinegerikan tinggal melengkapi administrasi yang diperlukan,” jelas SBY.

 

Baca Juga :