Sejarah Komputer Lama Generasi Keempat

Komputer Generasi Keempat

Akhirnya, ia sampai pada komputer generasi keempat. Artikel keempat adalah bacaan yang agak panjang dan menyenangkan

Komputer Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan komputer menjadi lebih jelas, yaitu pengurangan ukuran sirkuit dan komponen elektronik. Integrasi skala besar atau LSI dapat memuat ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian, pada 1980-an, integrasi skala besar atau VLSI berisi ribuan komponen dalam satu chip.

ULSI atau apa yang disebut integrasi skala Ultra-besar dapat meningkatkan jumlah ini menjadi jutaan. Kemampuan untuk menginstal beberapa komponen dalam satu potong, ukuran koin setengah mendorong harga dan ukuran komputer.

Ini juga terbukti mampu meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa dampak pada IC dengan menempatkan pada chip yang sangat kecil semua komponen komputer (yaitu, unit pemrosesan pusat, memori dan kontrol input / output).

Sebelum ini, IC dibuat untuk mengerjakan tugas tertentu. Sekarang mikroprosesor dapat dibuat dan kemudian diprogram untuk memenuhi semua kebutuhan yang diinginkan. Tak lama kemudian, semua peralatan rumah tangga, seperti microwave, TV dan mesin injeksi bahan bakar elektronik, dilengkapi dengan perangkat yang disebut mikroprosesor.

Perkembangan seperti itu memungkinkan orang awam untuk menggunakan komputer. Komputer tidak lagi didominasi oleh perusahaan besar atau lembaga pemerintah. kemudian pada pertengahan 1970-an,
Perakit komputer memberikan hasil komputer kepada publik.

Komputer, yang disebut komputer mini, dijual dengan perangkat lunak atau paket perangkat lunak yang mudah digunakan oleh orang awam. Perangkat lunak atau perangkat lunak yang paling populer pada waktu itu adalah program pengolah kata dan program spreadsheet.

Kemudian, pada tahun 1981, IBM mencoba memperkenalkan penggunaan komputer yang disebut Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor dan sekolah. Pada tahun 1981, komputer pribadi hanya menggunakan 2 juta unit, kemudian pada tahun 1981 jumlahnya meningkat menjadi 5,5 juta unit. Kemudian, sepuluh tahun kemudian, 65 juta komputer digunakan.

Komputer Generasi Keempat

Komputer terus bergerak ke ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang ada di atas meja yang biasa disebut komputer desktop, ke komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas atau disebut laptop atau bahkan komputer yang dapat dipegang, yaitu, telapak tangan bagian atas.

karena komputer telah mampu menjadi domain bisnis yang cerah, persaingan antara IBM PC dan Apple Macintosh dalam perjuangan untuk pasar komputer. Apple Macintosh, yang menjadi terkenal karena kemampuannya mempopulerkan sistem grafis di komputernya, sementara para pesaingnya masih menggunakan komputer berbasis teks. Perusahaan Macintosh juga mempopulerkan penggunaan perangkat keras mouse.

Kami saat ini akrab dengan perjalanan yang kompatibel dengan IBM menggunakan CPU: IBM PC / 486, Pentium, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4 (seri CPU yang dibuat oleh Intel). Kami juga tahu AMD K6, Athlon dan lainnya. Mereka semua adalah milik komputer generasi keempat.

Dengan proliferasi dan pengembangan penggunaan TI di tempat kerja, cara-cara baru untuk mengeksplorasi potensi komputer terus berkembang. Dengan menggabungkan komputer mini, komputer dapat dihubungkan secara bersamaan ke jaringan (bersih) untuk berbagi memori, perangkat lunak, informasi, dan juga berkomunikasi satu sama lain pada satu waktu.

Jaringan komputer memungkinkan komputer untuk membentuk kolaborasi elektronik untuk menyelesaikan proses tugas. Menggunakan teknik perkabelan langsung (seperti jaringan area lokal, LAN) atau kabel telepon, maka jaringan ini dapat tumbuh menjadi jaringan yang sangat besar dan berkembang.

Sumber : Https://www.videomax.co/