SMKN 2 Tasikmalaya Buka Kelas 4 Tahun

SMKN 2 Tasikmalaya Buka Kelas 4 Tahun

SMKN 2 Tasikmalaya Buka Kelas 4 Tahun

SMKN 2 Tasikmalaya Buka Kelas 4 Tahun
SMKN 2 Tasikmalaya Buka Kelas 4 Tahun

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Tasikmalaya membuka Jurusan Mekatronika

tahun ajaran 2017/2018. Siswa jurusan baru itu akan mengeyam pendidikan selama empat tahun.

Kepala SMKN 2 Tasikmalaya Wawan mengatakan, siswa Jurusan Mekatronika mengikuti pendidikan selama empat tahun. Tiga tahun peserta didik belajar di sekolah dengan kurikulum sekolah. Satu tahun lagi, siswa magang di industri dan belajar dengan kurikulum yang ada di industri bersangkutan.

”Tahun ini baru ada satu jurusan yang lama pendidikannya atau program pendidikannya

empat tahun dan setara dengan D1. Tahun depan kita akan tambah empat jurusan lainnya diantaranya Jurusan Mesin, Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan), Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan Jurusan Bangunan,” ungkap Wawan, kemarin (12/10).

Untuk program pendidikan empat tahun ini, terangnya, setiap jurusan hanya menerima satu kelas. Jumlah peserta didiknya 30-36 orang. Karena, program empat tahun disesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan industri. Siswa yang ikut serta adalah siswa yang akan dipakai oleh industri sehingga tidak hanya kualitas yang menjadi penentu juga disesuaikan kebutuhan industri.

”Kriteria siswanya sama dengan jurusan yang lain. Ada tes seleksi, namun jumlah dan kelasnya

terbatas. Dan program empat tahun ini setiap SMK bisa melaksanakan asal sudah ada MoU dengan industri untuk melakukan magang di tahun ke empatnya, Alhamdulillah SMKN 2 berani karena sudah banyak melakukan MoU dengan perusahaan atau industri,” terangnya.

Program empat tahun ini, tutur Wawan, tak lepas dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tujuannya agar lulusan SMK ini betul-betul sesuai dengan kebutuhan industri sehingga saat lulus tidak ada yang menganggur.

”Karena jurusan ini disesuaikan dengan kebutuhan industri jadi bisa jadi ke depan bisa buka tutup jurusan. Artinya jika jurusan A sudah tidak dibutuhkan industri maka bisa ditutup dan diganti dengan jurusan yang sesuai kebutuhan. Jadi syarat utama program empat tahun ini adalah kerja sama dengan dunia industri,” ujarnya.

 

Sumber :

https://works.bepress.com/m-lukito/1/