Tingkatan Norma Sosial
Posted in: Pendidikan

Tingkatan Norma Sosial

Tingkatan Norma Sosial

Tingkatan Norma Sosial

  • Cara (usage)

Cara adalah sebuah bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam salahsatu masyarakat tetapi tidak terus-menerus. Contoh: cara makan yang wajar dan benar apabila tidak mengeluarkan suara seperti hewan.


  • Kebiasaan (folkways)

Kebiasaan merupakan suatu ukuran perbuatan berulang-ulang dengan motif yang sama yang dilakuin secara sadar dan punya tujuan-tujuan jelas yang dianggap baik serta benar. Contoh: Memberi hadiah kepada orang-orang yang berprestasi dalam salahsatu kegiatan atau kedudukan, menggunakan baju yang bagus di waktu pesta.


  • Tata Kelakuan (mores)

Tata kelakuan adalah sekumpulan perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat hidup dari sekelompok manusia yang dilakukan guna melaksanakan pengawasan oleh sekelompok masyarakat bersama anggota-anggotanya. Dalam tata kelakuan terdapat unsur memaksa / melarang suatu perbuatan. Contoh : Melarang pembunuhan, pemerkosaan, / menikahi saudara kandung.


  • Adat Istiadat (custom)

Adat istiadat adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal lalu terintegrasi sangat kuat bersama masyarakat yang memilikinya.


Sumber: https://thephotograph.co.id/flick-shoot-apk/